Ridwan Kamil Desain Motor Listrik Gesits tapi Klasik, Namanya RKG-72

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 10 Jul 2021 07:51 WIB
Ridwan Kamil Desain Motor Listrik Gesits Versi Bobber
Motor listrik tapi klasik rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Foto: Dok. Instagram Ridwan Kamil
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan desain custom bergaya bobber. Motor tersebut diberi nama RKG-72, akronim dari Ridwan Kamil 72 volts.

Desain motor custom Gesits versi bobber itu diunggah melalui akun instagram pribadinya @ridwankamil. Dalam gambar yang tersaji bentuknya seperti ciri khas pada motor bobber: desainnya padat, dan bongsor.

Kang Emil, --sapaan akrabnya menyebut progress desain motor listrik yang berawal dari coretan tangannya itu merupakan hasil kolaborasi dengan PT Wijaya Karya Manufaktur yang memproduksi motor listrik Gesits. Adapun kemampuan jelajah motor ini disebut-sebut bisa sampai 100 kilometer.

"72 volts bisa utk 100 km. Dual battery boxer system," tulis Kang Emil, Jumat (9/7/2021).

Untuk mendukung karakter berotot. Terlihat motor menggunakan profil ban yang gemuk, posisi stang normal, dan posisi duduknya rendah seperti Chopper. Sedikit ke belakang, motor ini dilengkapi dengan jok tunggal.

"Ada opsi kursi belakang jika dibutuhkan," tulis dia.

"Semoga bisa diproduksi dan disukai konsumen yang peduli teknologi ramah lingkungan sambil tetap bergaya keren," tambah dia.

[Gambas:Instagram]



Ini merupakan kelanjutan dari kunjungan Ridwan Kamil ke Pabrik Gesits PT WIKA Industri Manufaktur di Kawasan Industri WIKA (KIW) Cileungsi, Bogor Jawa Barat pada Selasa (27/4/21). Dia mengintip langsung proses produksi dan merasakan sepeda motor listrik Gesits.

Ridwan Kamil mengatakan, masa depan kendaraan bukan kendaraan bensin lagi, tapi kendaraan listrik. Menurutnya, kendaraan listrik harus terus dikembangkan soal performa, dan tdesain yang memenuhi selera pasar.

"Termasuk desain motornya yang harus selalu inovatif dan menjangkau seluruh segmen konsumen yang beragam," tulis Ridwan Kamil kala itu.

Diketahui, Ridwan Kamil merupakan salah satu kepala daerah yang sering mengkampanyekan kendaraan ramah lingkungan. Bahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) telah menggunakan mobil listrik Hyundai sebagai kendaraan operasional.

Pemprov Jabar resmi membeli 2 unit IONIQ Electric dan 1 unit KONA Electric. Mobil listrik tersebut digunakan oleh Ridwan Kamil sebagai kendaraan dinas. Sementara dua unit kendaraan listrik lainnya masing-masing diperuntukan bagi Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul dan satu unit mobil patwal berwarna putih.



Simak Video "Momen AHY Safari ke Ridwan Kamil Hingga Naik Motor Berboncengan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)