Catat! Ojol Kebal Penyekatan PPKM Darurat, Kok Bisa?

Tim - detikOto
Selasa, 06 Jul 2021 15:18 WIB
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diterapkan 3-20 Juli 2021 di Jawa-Bali. Beberapa titik penyekatan disiapkan petugas untuk menghalau masyarakat yang memaksakan diri melakukan mobilitas.

Selama PPKM darurat, sektor non-esensial harus menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah 100%. Namun, untuk sektor esensial dan kritikal masih boleh beroperasi. Untuk menghalau pengendara di sektor non-esensial yang masih nekat beraktivitas, terdapat beberapa pos penyekatan yang disiapkan. Pengendara yang tidak memenuhi syarat diminta untuk putar balik. Bagaimana dengan ojek online (ojol)?

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan untuk logistik dan ojol masih boleh melintas penyekatan.

"Logistik dan ojol boleh," kata Sambodo dalam keterangan resminya seperti dikutip Antara.

Sambodo menyebut, kepolisian memberikan kelonggaran untuk ojek online, jasa logistik, termasuk layanan pengiriman lainnya dengan armada sepeda motor agar tetap dapat melintas.

Dengan begitu, mitra UMKM baik industri kecil maupun rumahan tetap bisa beroperasi dengan bantuan mitra ojol maupun jasa logistik di tengah terbatasnya aktivitas.

Seperti diketahui, selama PPKM Darurat untuk sektor non-esensial diberlakukan 100% work from home (WFH). Untuk sektor essential diberlakukan 50% maksimum staf Work from Office (WFO) dengan protokol kesehatan, dan untuk sektor kritikal diperbolehkan 100% maksimum staf WFO dengan protokol kesehatan.

Cakupan sektor essential adalah keuangan dan perbankan, pasar modal, sistem pembayaran, teknologi informasi dan komunikasi, perhotelan non-penanganan karantina Covid19, serta industri orientasi ekspor. Cakupan sektor kritikal adalah energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi, industri makanan, minuman dan penunjangnya, petrokimia, semen, objek vital nasional, penanganan bencana, proyek strategis nasional, konstruksi, utilitas dasar (seperti listrik dan air), serta industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.

(rgr/din)