Spesifikasi Panser Anoa, Kendaraan Tempur untuk Penyekatan PPKM Darurat

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 06 Jul 2021 13:22 WIB
Panser Anoa dan Rantis Barracuda turut dikerahkan untuk menyekat kendaraan yang hendak masuk Jakarta saat PPKM Darurat diberlakukan. Berikut penampakannya.
Panser Anoa dan Rantis Barracuda ikut mengamankan PKPM Darurat di Jakarta (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Jakarta -

Dalam penyekatan PPKM Darurat, selain petugas kendaraan taktis (rantis) juga disiagakan. Salah satunya adalah Panser Anoa.

Aparat gabungan TNI/Polri menurunkan Panser Anoa dan Rantis Barracuda pada hari kerja pertama pemberlakuan PPKM Darurat di Lenteng Agung, Senin (5/7) kemarin. Kendaraan-kendaraan itu juga terlihat pada Selasa (6/7) pagi ini. Panser Anoa dikerahkan di titik penyekatan Jalan Raya Bogor, Kalimalang, dan Kalideres.

Menurut Kasat Lantas Polres Metro Jaksel, Kompol Sri Widodo, panser tersebut disiapkan karena sempat terjadi kisruh antara petugas dan pengendara di ruas jalan tersebut. Namun ditegaskan Widodo, rantis dan panser hanya difungsikan untuk menutup jalan agar kendaraan tak bisa melintas pos penyekatan PPKM Darurat.

"Alasannya karena masyarakat kemarin ribut di situ mau ngek ngok ngek, itu kan untuk siaga aja. Gitu aja," kata Widodo, Senin (5/7) seperti dikutip CNN Indonesia.

"Fungsinya mungkin nutup jalan aja. Itu dari pimpinannya begitu," lanjut dia.

Panser Anoa adalah kendaraan tempur dari PT Pindad (Persero) berpenggerak 6x6. Panser Anoa 6x6 APC (Armoured Personnel Carrier) memiliki keunggulan dalam mobilitas, proteksi, serta daya angkut.

Anoa 6x6 APC memiliki rasio daya berat 25 daya kuda/ton. Panser Anoa dilengkapi dengan sistem komunikasi dan transmisi otomatis. Anoa tipe APC memiliki kapasitas 12 orang personel termasuk pengemudi. Memiliki top speed 80 km/jam pada jalan raya dengan daya jelajah 600 kilometer.

Panser Anoa memiliki dimensi panjang 6.000 mm, lebar 2.500 mm, dan tinggi 2.170 mm dengan wheelbase 1.510 mm. Berat kosong Panser Anoa mencapai 12.500 kg.



Di jalan aspal, Panser Anoa bisa melaju dengan kecepatan hingga 80 km/jam. Panser Anoa juga memiliki kemampuan jelajah offroad dengan kecepatan maksimal 40 km/jam. Panser Anoa juga bisa mengarungi air dengan kedalaman maksimal 1 meter. Dengan tangki bahan bakar 200 liter, Panser Anoa bisa menjelajah sejauh 600 km.

Sumber tenaga Panser Anoa adalah mesin diesel turbo intercooler 6 silinder segaris. Tenaganya mencapai 320 daya kuda pada 2.300 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis ZF 6HP502S 6 percepatan.

Sebagai kendaraan yang siap tempur, Panser Anoa dibekali body protection berupa Monocoque Armoured Steel serta terdapat kaca antipeluru. Panser Anoa juga dibekali sistem persenjataan seperti senapan mesin 12.7 mm, senapan mesin 7.62 mm, granat CIS 40 AGL, Smoke Grenade Dischargers: cal. 66 mm (3 kiri, 3 kanan). Turret Manual (dapat dioperasikan 360 derajat).

Panser Anoa merupakan kendaraan militer berpenggerak 6x6 buatan PT Pindad (Persero) yang tersedia dalam berbagai varian yang disesuaikan kebutuhannya. Selain APC atau pengangkut personel, ada juga Anoa 6x6 Mortar, Anoa 6x6 Command, Anoa 6x6 Amphibious, Anoa 6x6 Recovery, Anoa 6x6 Logistics, dan Anoa 6x6 Ambulance.



Simak Video "Catat! Ini Kapasitas Maksimal Mobil Pribadi Selama Masa PPKM Darurat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)