Panser Anoa dan Rantis Barracuda Ikut Adang Kendaraan Masuk Jakarta, Ini Alasannya

Tim Detikcom - detikOto
Selasa, 06 Jul 2021 08:54 WIB
Rantis diturunkan untuk menjaga titik penyekatan di periode PPKM Darurat
Rantis Barracuda dan Panser Anoa diturunkan untuk menyekat jalan Lenteng Agung di tengah pemberlakuan PPKM Darurat (Instagram @tmcpoldametro)
Jakarta -

Selain menurunkan petugas, penyekatan di kendaraan dalam rangka PPKM Darurat di Lenteng Agung juga menerjunkan Panser Anoa dan Rantis Barracuda.

Aparat gabungan TNI/Polri menurunkan Panser Anoa dan Rantis Barracuda pada hari kerja pertama pemberlakuan PPKM Darurat di Lenteng Agung, Senin (5/7) kemarin. Kendaraan-kendaraan tersebut masih terlihat dalam penyekatan yang dilakukan Selasa (6/7) pagi ini.

Dikutip dari CNN Indonesia, Panser Anoa diketahui juga dikerahkan di titik penyekatan Jalan Raya Bogor, Kalimalang, dan Kalideres.

Kenapa penyekatan mobilitas warga sampai menurunkan panser dan rantis (kendaraan taktis)?

Kasat Lantas Polres Metro Jaksel, Kompol Sri Widodo, kepada CNN Indonesia mengatakan bahwa kendaraan-kendaraan tersebut disiapkan karena sempat terjadi kisruh antara petugas dan pengendara di ruas jalan tersebut.

Namun ditegaskan Widodo, rantis dan panser hanya difungsikan untuk menutup jalan agar kendaraan tak bisa melintas.

"Alasannya karena masyarakat kemaren ribut di situ mau ngek ngok ngek, itu kan untuk siaga aja. Gitu aja," kata Widodo, Senin (5/7).

"Fungsinya mungkin nutup jalan aja. Itu dari pimpinannya begitu," lanjut dia.

Dikatakan Widodo, Rantis Barracuda dan Panser Anoa tersebut akan bersiaga di Lenteng Agung selama 24 jam. Kendaraan itu akan ditarik saat PPKM Darurat selesai diberlakukan pada 20 Juli.

"Sesuai kebutuhan yang Pak Pimpinan perintah, yang mana yang diperlukan itu ya ditaruh, kalau enggak ya, enggak juga," imbuh Widodo saat ditanya peluang diturunkannya kendaraan serupa di lokasi penyekatan lain.

Sebagaimana terjadi di Jalan Kali Malang, penyekatan di Lenteng Agung juga menyebabkan kemacetan pada Senin (5/7).



Simak Video "Tak Tanggung-tanggung, Polisi Hadang Kendaraan Masuk DKI Pakai Barakuda"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)