Segini Harga Ducati yang Viral Ditilang karena Knalpot Bising, Tembus Rp 1 M

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 08 Jun 2021 14:41 WIB
Jakarta -

Akhir pekan kemarin (6/6/21), ada kejadian viral mengenai pemilik Ducati Streetfighter V4S yang ditilang oleh pihak kepolisian karena diduga menggunakan knalpot bising, padahal Ducati yang digunakannya masih standar.

Ducati Streetfighter V4S ini merupakan barang baru untuk Ducati Global. Saat ini, motor naked yang pakai mesin 1.103 cc ini dijual oleh Ducati Indonesia dengan harga Rp 909 Juta dalam status off the road.

Untuk menggunakan motor ini di jalan raya Indonesia, tentunya motor harus dibeli dengan status on the road atau OTR. Pihak Ducati Indonesia mengatakan bahwa untuk menjadikan motor ini ke dalam status OTR perlu ada biaya tambahan yang perlu dibayar.

"Untuk (wilayah) Jakarta kurang lebih tambah 12,5 persen," ujar Bonifacius Soemarmo, Marketing Head Ducati Indonesia kepada detikOto, Selasa (7/6/21).

Berarti jika Ducati Streetfighter V4S ini dibeli oleh seseorang yang berasal dan memiliki identitas DKI Jakarta, dari biaya Rp 909 Juta tadi masih perlu menambah biaya 12,5 persen untuk menjadikan motor ini layak dipakai di jalanan Indonesia.

Kurang lebih, Ducati Streetfighter V4S ini dijual secara resmi dengan harga kurang lebih Rp 1.023 Miliar untuk harga OTR DKI Jakarta. Tentunya harga di tiap-tiap daerah di Indonesia akan berbeda seiring dengan kebijakan pajak yang berlaku.

Dikutip situs resmi Ducati, mesin yang digunakan oleh motor bergaya telanjang ini adalah mesin berkubikasi 1.103cc. Mesin yang diberi julukan Desmosedici Stradale 90 derajat V4 ini berkonfigurasi sesuai julukannya yakni V4.

Ducati mengklaim, Streetfighter V4S ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 208 HP di putaran mesin 13.000 RPM dan torsi 123 Nm di putaran mesin 11.500 RPM. Di atas kertas, tenaga segini sama dengan sekitar 23 kali lipat dari tenaga Honda Beat standar.

Bonifacius Soemarmo mengatakan bahwa sejatinya mesin-mesin dari Ducati yang berkubikasi besar cenderung punya suara yang juga lebih keras.

"Pada dasarnya, Ducati memang memiliki suara yang khas. Kalau buat penggemar motor, khususnya motor besar biasanya sudah hafal dengan suara mesin Ducati yang khas," buka Bonifacius, kepada detikOto, Senin (7/6/2021).

(mhg/rgr)