Bocor! Ini Penampakan All New Yamaha YZF-R7, Sang Pengganti YZF-R6

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 16 Mei 2021 08:30 WIB
Bocoran foto All New Yamaha YZF-R7
Foto: Rushlane. Bocoran foto All New Yamaha YZF-R7.
Jakarta -

Yamaha baru akan merilis All New YZF-R7 di Eropa pada 18 Mei 2021 mendatang. Namun belum sampai momen peluncuran itu tiba, bocoran foto-foto All New Yamaha YZF-R7 sudah beredar luas di dunia maya.

Seperti dikutip dari laman Rushlane, Yamaha R7 terbaru menampilkan desain fascia yang agak berbeda dengan model-model R Series sebelumnya. Di bagian kanan-kiri fascia tetap menampilkan garis lampu DRL yang sporty, namun di bagian lampu utamanya menampilkan aura lebih sangar dengan dukungan LED proyektor.

Sementara untuk desain fairing, bodi, dan buritan secara keseluruhan, masih menampilkan bahasa desain R Series. Perbedaan utama tentu terletak di bagian sasis dan mesinnya.

Bocoran foto All New Yamaha YZF-R7Bocoran foto All New Yamaha YZF-R7 Foto: Rushlane

Untuk diketahui, All New Yamaha YZF-R7 akan menggunakan basis sasis dan mesin dari MT-07, model petualang Tenere 700 dan Tracer 700, juga model klasik XSR 700.

Dengan demikian, Yamaha R7 artinya akan dibekali mesin 2 silinder segaris 689cc, CP2, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 72,4 dk di 8.750 rpm dan torsi puncak 67 Nm pada 6.500 rpm.

Sebagai informasi, Yamaha R7 dibuat oleh Yamaha sebagai pengganti YZF-R6 yang sudah disuntik mati. Yamaha R6 tidak dilanjutkan lagi produksinya lantaran menurunnya penjualan motor sport berkapasitas 600 cc secara global. Konsumen lebih menyukai motor 600 cc ke atas dan motor adventure.

Penjualan Yamaha YZF-R6 sudah dihentikan di Amerika dan Eropa. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Yamaha harus menyuntik mati R6. Selain karena lesunya penjualan di segmen ini, faktor emisi Euro5 yang akan diterapkan juga makin mempersulit posisi Yamaha R6.

Bocoran foto All New Yamaha YZF-R7Bocoran foto All New Yamaha YZF-R7 Foto: Rushlane

Sebagai penggantinya, Yamaha disebut-sebut akan memperkenalkan YZF-R7. Rencana ini diketahui dari bocoran dokumen permohonan yang diajukan oleh California Air Resources Board (CARB) di Amerika Serikat. Dalam bocoran dokumen itu, terdapat dua kode motor baru Yamaha, yakni YZFR7NCB dan YZFR7NCL.

YZF-R7 sejatinya bukanlah model baru dalam sejarah motor Yamaha. Sportbike ini pernah meluncur pada 1999 dengan menggendong mesin legendaris 4-silinder 750cc. Generasi baru Yamaha R7 akan bersaing dengan Aprilia RS660.



Simak Video "Berubah Total! Intip Modifikasi Yamaha Xmax 250 Jadi Cafe Racer"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)