Yamaha Mau Bikin Sportbike Baru Pengganti YZF-R6, Namanya YZF-R7

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 15 Mar 2021 21:12 WIB
Yamaha mau bikin sportbike baru, YZF-R7
Foto: Mekanika
Jakarta -

Yamaha siap memperkenalkan sportbike baru pengganti YZF-R6 yang sudah disetop produksinya. Sportbike fairing terbaru Yamaha ini bakal naik kapasitas mesinnya, jadi 700cc. Menurut kabar yang beredar motor ini akan dinamakan sebagai Yamaha YZF-R7.

Yamaha resmi menyetop produksi motor sport fairing mereka, YZF-R6. Keputusan ini diambil lantaran menurunnya penjualan motor sport berkapasitas 600 cc secara global. Konsumen lebih menyukai motor 600 cc ke atas dan motor adventure.

Yamaha mau bikin sportbike baru, YZF-R7Yamaha mau bikin sportbike baru, YZF-R7 Foto: Mekanika

Penjualan Yamaha YZF-R6 bakal dihentikan di Amerika dan Eropa mulai tahun ini. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Yamaha harus menyuntik mati R6. Selain karena lesunya penjualan di segmen ini, faktor emisi Euro5 yang akan diterapkan juga makin mempersulit posisi Yamaha R6.

Sebagai penggantinya, Yamaha disebut-sebut akan memperkenalkan YZF-R7. Rencana ini diketahui dari bocoran dokumen permohonan yang diajukan oleh California Air Resources Board (CARB) di Amerika Serikat.

Dalam bocoran dokumen itu, terdapat dua kode motor baru Yamaha, yakni YZFR7NCB dan YZFR7NCL. Menurut prediksi sejumlah media otomotif di Eropa, kemungkinan besar YZF-R7 akan dibangun dari platform yang sama seperti MT-07.

Dan tidak hanya MT-07, YZF-R7 juga akan berbagi platform mesin yang sama dengan model petualang Tenere 700 dan Tracer 700, juga model klasik XSR 700.

YZF-R7 sejatinya bukanlah model baru dalam sejarah motor Yamaha. Sportbike ini pernah meluncur pada 1999 dengan menggendong mesin legendaris 4-silinder 750cc. Kabarnya, generasi baru R7 akan menggunakan mesin 2 silinder 689cc (CP2), yang bisa menghasilkan power 74 dk.

Jika proyek Yamaha R7 benar-benar direalisasikan, maka model ini akan bersaing dengan Aprilia RS660.



Simak Video "Skutik Yamaha Gear Diluncurkan, Begini Wajah dan Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)