WR155 Mau Dibikin Supermoto, Yamaha?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 14 Mar 2021 13:20 WIB
Media Offroad School Experience
Yamaha WR 155. Foto: Yamaha Indonesia
Jakarta -

Pencinta dunia motocross di Indonesia saat ini sudah banyak dijumpai. Tak hanya melintas di kondisi offroad, banyak juga ditemui pada jalanan onroad. Hal ini membuat Yamaha melirik pada konsumen yang hobi dengan motor trail. Namun begitu, Yamaha ingin fokus dalam penjualan motor trail di kelas 150 cc dan bersaing dengan para kompetitornya.

Manager PR, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Antonius Widiantoro mengatakan, fokus Yamaha saat ini adalah pada masyarakat yang hobi di dunia motocross. Apakah Yamaha bakal meluncurkan WR155 versi supermoto mengingat tren modifikasi supermoto dengan menggunakan motor Yamaha WR sudah sering dijumpai?

"Yamaha saat ini ingin memfokuskan kepada yang hobi, walaupun tren supermoto dengan motor seri WR ini sudah banyak sekali, dan menarik sebenarnya untuk dilihat," kata Anton saat ditanya.

Dia membagi klasifikasi konsumen yang tertarik dengan motor trail. Banyak di antaranya memang yang senang akan hobi, ataupun digunakan untuk aktivitas sehari-hari di jalan raya.

"Kalau bagi klasifikasi konsumen ada yang memang hobi, ada yang menggunakan ini untuk daily seperti kerja dan sebagainya. Tapi lebih banyak dipakainya di jalan raya, ada juga konsumen yang karena tuntutan pekerjaan misalnya di perkebunan, kehutanan dan lainnya menggunakan itu," ungkap Anton.

Hal ini yang menjadikan Yamaha tertuju kepada konsumen dengan memiliki hobi motocross, dikarenakan spesifikasi pada motor trailnya bisa digunakan untuk segala macam aktivitas. Selain itu, konsumen juga bisa menguasai motornya tidak hanya di onroad, tapi bisa di offroad juga.

"Tapi kali ini kita memfokuskan mengarah kepada hobi. Karena apa? Soalnya motor ini memiliki spesifikasi yang superior dibanding kompetitor di kelas yang sama. Kedua adalah dengan keunggulan motor ini yang nggak cukup dipakai sekadar di jalan, jadi kita ingin supaya orang punya experience maksimal dengan motor ini dulu. Bisa dipakai offroad, untuk trabasan, yang penting di-explore dulu," ujarnya.

Lebih lanjut, Anton juga menjelaskan untuk saat ini Yamaha akan fokus bersaing di kelas 150 cc dulu. Hal ini dikarenakan Yamaha adalah pesaing baru di kelasnya, namun jika perkembangan semakin pesat Yamaha akan mempertimbangkan lagi ke depannya.

"Kita mau fokus kepada 150 dulu, kita kan pemain baru di sini kan. Sebelum ada WR 155 keluar kan, kita impor terus nih dari YZ 65, 125 kemudian juga WR 250. Nah kita lihat lah perkembangan marketnya gimana ke depan, kalau memang ke depan ada marketnya pasti kita akan consider lah ke sana," jelasnya.



Simak Video "Jangan Lupa! PPnBM Moge Turun ke 95% Harga Moge Baru Jadi Lebih Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)