Menguji Ketangguhan Yamaha WR 155 R di Dunianya: Main Tanah dan Terabasan di Bogor

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 12 Mar 2021 20:25 WIB
Media Offroad School Experience
Media Offroad School Experience (Yamaha Indonesia)
Jakarta -

Yamaha mengadakan acara bertajuk Media Offroad School Experience, yang merupakan salah satu program dari Yamaha Riding Academy (YRA). Acara tersebut berlangsung pada Rabu (10/03/2021) yang digelar di Sirkuit Cargloss, Bogor. Selain merasakan sensasi berkendara offroad, para partisipan juga diberikan edukasi dan teknik dasar dalam mengendarai motor trail.

Termasuk detikOto ada beberapa media nasional yang berkesempatan mengikuti event ini. Dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, acara dimulai pada pukul 08:00 pagi.

Sebelum memulai acara, semua dianjurkan menggunakan atribut offroad yang lengkap dan mengikuti standar safety riding seperti helm, pelindung lutut dan siku, neck protector, pelindung dada hingga celana dan jersey yang telah disediakan.

Kemudian kami diajarkan teknik berkendara motor trail yang baik dan benar oleh instruktur profesional dari Yamaha Riding Academy (YRA). Di antaranya seperti cara menaiki motor, teknik pengereman, cara berbelok dan berbelok slalom, hingga tips uphill dan downhill.

Setelah mendapatkan edukasi, barulah partisipan menjajal Yamaha WR 155 R. Namun sebelum berkendara partisipan diajak melakukan peregangan badan. Kemudian partisipan melakukan pemanasan dahulu untuk mencoba memahami motor trail lebih dalam. Setelah itu beberapa teknik dasar bermain motocross dipraktikkan mulai dari pengereman, berbelok hingga uphill dan downhill.

Lalu setelah melewati beberapa teknik dasar, tak lupa juga untuk mengelilingi sirkuit Cargloss dengan melewati beberapa rintangan tanjakan dan turunan serta beberapa tikungan. Hal ini dilakukan sebagai pemanasan untuk menyiapkan diri saat melintas offroad dan trabasan ke Hambalang Hills.

Partisipan mendapat waktu istirahat sebelum menjajal jalur offroad di area Sentul lalu bergerak menuju kawasan offroad di Hambalang Hills. Sekitar pukul 13:00 WIB semua partisipan memulai perjalanan tersebut dengan motor WR 155 R masing-masing.

Sebelum melintas di jalanan offroad dan trabasan, partisipan melewati jalanan onroad di area Sentul. Setelah itu barulah memasuki kawasan offroad untuk menjajal ketangguhan WR 155 R.

Tak banyak kesulitan kami temui di awal perjalanan, dengan sedikit beberapa bebatuan dan lubang yang menghadang di jalan, WR 155 R mampu melintas dengan mulus. Masuk lebih jauh, kondisi jalan mulai dihiasi dengan tanjakan yang terjal, bebatuan, serta banyaknya genangan lumpur yang licin, hal ini mulai menguji nyali para partisipan.

Tak lama kondisi jalan mulai naik dan menurun tajam, ditambah kontur jalan yang sudah bebatuan, lubang besar dan licin membuat kesulitan makin meningkat. Pada momen tersebut semua partisipan diuji mental dan keberaniannya untuk bisa melewati tantangan yang ada.

Berkat spesifikasi Yamaha WR 155 R yang mumpuni, beberapa lintasan berbatu dan licin mampu diterabas motor ini dengan aman dan nyaman. Sehingga partisipan merasa puas dengan keunggulan yang dimiliki motor trail ini.

Setelah rehat sejenak, akhirnya partisipan melanjutkan sesi offroad nya untuk turun ke bawah dan kembali ke titik awal. Saat beranjak turun kondisi jalan tidak begitu ekstrem seperti saat naik, namun masih ditemui juga sejumlah jalan berbatu dan lumpur yang mampu diterabas dengan aman.

Para partisipan akhirnya sampai kembali di titik kumpul pertama di Sirkuit Cargloss pada pukul 16.00 WIB. Total waktu perjalanan pulang dan pergi memakan waktu hampir tiga jam lebih, namun rasa lelah hilang dengan keseruan dari acara Media Offroad Experience serta motor Yamaha WR 155 R yang sangat lincah menerabas jalanan offroad maupun onroad.



Simak Video "Skutik Yamaha Gear Diluncurkan, Begini Wajah dan Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)