Setahun Beroperasi, Pabrik KTM di Gresik Produksi 800 Unit Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 29 Apr 2021 13:13 WIB
PT. Penta Jaya Laju Motor (PJLM) resmi meluncurkan KTM 390 Adventure. Motor pabrikan Austrlia ini sudaj dirakit lokal di Gresik, Jawa Timur lho.
Pabrik KTM di Gresik produksi 800 unit motor sepanjang 2020. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pabrik motor KTM di Gresik, Jawa Timur, sudah beroperasi selama setahun lebih. Merek asal Austria ini pun sudah memproduksi sekitar 800 unit motor, berbagai tipe.

Indonesia masih menjadi pasar yang empuk bagi industri otomotif dunia. Dengan penjualan motor mencapai 6 juta unit di tahun 2019 lalu, banyak merek ternama di dunia yang ingin membangun pabrik di Tanah Air.

Salah satu merek sepeda motor terkenal dunia yang membangun industri di Indonesia adalah KTM. Produsen motor asal benua Eropa ini sudah membangun fasilitas perakitan di Gresik, Jawa Timur.

Seperti dijelaskan Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) Kristianto Goenadi, pabrik KTM di Gresik sudah beroperasi sejak tahun 2020 lalu. Namun dengan kapasitas yang terbatas lantaran terjadinya pandemi virus Corona.

"(Pabrik di Gresik) sudah beroperasi ya, sejak Februari 2020 lalu sudah mulai produksi CKD (Completely Knocked Down)," kata Kristianto, kepada detikOto, belum lama ini.

Menurut pria yang akrab disapa Kris, pabrik KTM di Gresik bakal memproduksi motor KTM di bawah kapasitas 400 cc. "Semua type 200 (Duke 200, RC 200), Duke 250, RC 250, Duke 390, Adventure 390, dan RC 390," sambung Kris.

"Kita start produksi Februari 2020, tapi terkendala supply karena pandemi dan WFH, jadi produksi di 2020 terbatas hanya 800 unit sampai dengan akhir Desember 2020," katanya lagi.

Selain dipasarkan oleh PJLM, motor-motor KTM di Indonesia juga dipasarkan oleh PT Premium Motorindo Abadi (PMA). PMA menjual berbagai model KTM dari naked, adventure, supermoto, termasuk motorcross, dan Enduro.

PMA juga mengklaim sebagai eksklusif distributor KTM di Indonesia sejak 2021 dan sudah memiliki 11 dealer resmi di Indonesia, yang tersebar di Jawa dan Sumatera.

Menanggapi hal itu, Kristianto menegaskan jika PJLM juga masih menjadi distributor KTM, khususnya dari range motor 200 cc.

"Kita masih tetap distributor KTM dengan product range dari 200 cc, yang diproduksi di India sesuai yang lalu," tegas Kris.



Simak Video "Penampilan Motor Asal Eropa yang Pertama Kali Dirakit di Gresik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)