Husqvarna Pamerkan Konsep Motor Listrik E-Pilen: Roda Dua Urban yang Stylish Banget

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 27 Apr 2021 18:56 WIB
Husqvarna Listrik E-Pilen
Husqvarna E-Pilen Foto: Pool (motorcyclenews)
Jakarta -

Husqvarna akhirnya ikut memperkenalkan konsep motor listriknya ke dunia. Diberi nama E-Pilen, motor listrik ini menyasar kaum perkotaan namun tetap stylish.

Dilansir dari motorcyclenews, Husqvarna E Pilen menjadi motor konsep terbaru yang menawarkan tenaga listrik. Disebutkan motor ini bakal sama dengan motor yang memiliki kapasitas mesin 125cc, dengan power yang dikeluarkan sebesar 10,7 tenaga kuda. Soal jarak tempuh motor ini bakal mampu berlari sejauh 62 mil atau setara dengan 99,7 km.

Dari sisi desain, Husqvarna E-Pilen bisa dikatakan sangat mirip seperti Svarpilen atau Vitpilen, berkat tampilan tangki, desain retro pada lampu bulat, dan bodi belakang yang tidak memiliki buntut. Svarpilen dan Vitpilen merupakan varian Husqvarna yang masih menggunakan bahan bakar bensin.

Soal baterai yang digendong, motor asal Swedia ini akan mengusung sistem Swappable battery atau baterai tukar. Ini membuat pemiliknya bisa sangat terbantu dalam pengunaan sehari-hari. Selain itu tentu saja jauh lebih menghemat waktu karena tidak perlu menunggu baterai diisi.

Husqvarna Listrik E-PilenHusqvarna Listrik E-Pilen Foto: Pool (motorcyclenews)

Penggunaan swappable battery ini sejalan dengan apa yang dilakukan KTM, yang merupakan perusahaan induk Husqvarna. Untuk diketahui KTM sudah menjalin kerjasama dengan Honda, Piaggio, dan Yamaha untuk menggunakan jenis naterai yang sama yang bisa dipindahtukarkan dan akan mulai diproduksi mulai tahun ini 2021.

"Selalu menjadi tujuan Husqvarna Motorcycles untuk mengembangkan produk baru yang dapat diakses oleh pengendara yang lebih luas. E-mobilitas akan mempertahankan dan melanjutkan kesenangan berkendara dan dinamika yang disempurnakan melalui sejarah panjang dan berdasarkan pengalaman dari satu brand. Untuk mendukung inisiatif E-mobilitas, Husqvarna Motorcycles secara strategis akan memperluas keberadaan dealernya di daerah perkotaan dan metropolitan," ujar Husky.



Simak Video "Motor Listrik Rp 17 Jutaan Buatan India, Ludes Terjual Dalam Dua Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)