Hati-hati! Merek Helm Retro yang Dipakai Jokowi Banyak Dipalsukan

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 07 Apr 2021 12:47 WIB
Helm Jokowi
Presiden Jokowi sunmori menggunakan helm retro Cargloss. Foto: Screenshot Instagram Joko Widodo
Jakarta -

Produk helm palsu ternyata masih sering ditemui di lapangan. Salah satunya adalah helm Cargloss yang akhir-akhir ini banyak dibikin produk imitasinya. Merek helm lokal yang pernah dipakai Presiden Jokowi saat Sunmori ke Pasar Anyar Tangerang, akhir 2018 lalu itu dipalsukan oleh oknum tak bertanggung jawab. Lalu seperti apa ciri-ciri helm Cargloss palsu ini?

Helm merupakan perangkat keselamatan yang sangat penting digunakan saat berkendara motor. Helm yang bagus, setidaknya menyandang sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia). Jangan sampai Anda menggunakan helm palsu yang dibalut merek ternama, karena itu bisa membahayakan keselamatan. Sebagai contoh, helm merek Cargloss banyak yang dipalsukan.

Cargloss sendiri merupakan salah satu merek helm lokal ternama di Indonesia. Merek ini menjadi penyuplai helm OEM (Original Equipment Manufacturer) bagi Yamaha. Tak hanya itu, Cargloss juga dipilih Presiden Jokowi untuk menemani aktivitas riding-nya.

Soal pemalsuan, seperti disampaikan General Manager PT Mega Karya Mandiri (Cargloss) Endin Nasrudin, telah ditemukan sejumlah helm palsu di toko-toko offline yang menggunakan merek Cargloss.

"Dari toko-toko (helm) yang coba kita investigasi, helm yang datang ke mereka itu tanpa merek. Akan tetapi mereka kasih stiker yang mereknya Cargloss sama seperti kita. Dan itu baru akan ditempel saat ingin dijual," kata Endin, saat konferensi virtual, Rabu (7/4/2021).

Menurut Endin, helm-helm Cargloss yang dipalsukan kebanyakan model helm retro seperti yang dipakai Presiden Jokowi. "Kita dapati ada 3 helm (Cargloss palsu) yang keluar dari 3 produsen berbeda. Dan ketiga-tiganya itu helm retro," sambung Endin.

Endin menambahkan, ada beberapa ciri visual yang bisa diamati untuk mengetahui perbedaan helm Cargloss yang asli dengan yang palsu. Salah satu acuannya adalah emblem Cargloss.

"Kalau Cargloss yang asli, pakai decal dan dilindungi pakai clear coat, sehingga enggak bisa dikletek. Sedangkan Cargloss yang palsu itu biasanya pakai stiker yang bisa dikletek," jelas Endin.

"Kemudian (Cargloss) yang asli, ada nama pembuatnya di dalam helm, yakni PT Mega Karya Mandiri. Sedangkan yang palsu tidak ada. Secara visual kira-kira seperti itu perbedaannya," bilang Endin.

Endin menyarankan agar jangan mudah tergoda dengan helm yang memakai merek terkenal, namun harganya miring. "Jangan tertipu dan jangan tergoda dengan (helm) yang harganya murah. Karena itu justru akan membahayakan kita," ujarnya.



Simak Video "Jokowi Akan Bentuk Kementerian Investasi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)