Jumat, 22 Feb 2019 21:31 WIB

Tahu Ga, Jokowi Lebih Pilih Helm Lokal Dibandingkan Helm Jepang

Luthfi Anshori - detikOto
Helm Cargloss dipakai Jokowi Foto: Screenshot Instagram Joko Widodo Helm Cargloss dipakai Jokowi Foto: Screenshot Instagram Joko Widodo
Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikenal kerap mempromosikan produk-produk buatan lokal. Selain baju, jaket, dan sepatu, Jokowi juga suka menggunakan helm buatan lokal.

Salah satu helm lokal yang dipilih Jokowi untuk menemani aktivitas ridingnya adalah helm buatan Cargloss. Helm bergaya retro ini dibeli Jokowi saat dirinya datang ke pameran IMOS, November 2018 lalu.

Ternyata ada cerita menarik dibalik proses pembelian helm Cargloss oleh tokoh asal Solo, tersebut. Menurut Presiden Direktur Cargloss, Harry Suherman, sebelumnya Jokowi disodorkan helm impor Jepang.

"Disodorin helm Arai sebelumnya. Karena kami kan juga lihat, nggak mungkin lah seorang Presiden pakai helm yang kelasnya biasa-biasa aja," ujar Harry, kepada detikOto, di Pabrik Cargloss, Citeureup, Bogor, Selasa (12/2/2019).

Tapi akhirnya, orang nomor satu di Indonesia itu memutuskan membeli helm lokal. "Dia pengin helm (Cargloss) yang buatan Indonesia. Ya udah dia yang milih sendiri helmnya. Dan langsung dibayar di tempat lewat ajudannya," terang Harry.

Untuk diketahui, helm yang dibeli Jokowi di IMOS 2018 adalah helm Cargloss tipe CF Retro warna expresso brown. Helm ini punya desain retro, yang memang cocok disandingkan dengan motor kustom Kawasaki W175 milik Jokowi.

Helm yang dibanderol seharga Rp 220 ribuan ini terbuat dari plastik ABS dan dilengkapi PET tanpa visor yang dapat melindungi dari sinar matahari. Bagian dalam helm ini juga diklaim mudah dilepas dan dicuci. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed