Intip Spesifikasi Motor Marc Marquez Rp 7 Miliaran yang Biasa Mejeng di Sentul

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 17 Mar 2021 12:30 WIB
latihan Marquez pasca cedera di Montmelo
Marc Marquez bersama RC213V-S Foto: instagram @marcmarquez93
Jakarta -

Marc Marquez terus menunjukkan perkembangan yang positif. Setelah sebelumnya menunggangi motor mini GP, rider Repsol Honda ini kembali beraksi dengan motor seharga Rp 7,6 miliaran.

Setelah diizinkan dokter untuk latihan di atas motor, Marquez terlihat terus menambah porsi latihannya. Hal ini seiring dengan pemulihan lengan kanannya yang berangsur membaik.

Kakak dari Alex Marquez ini sebelumnya menjajal sebuah motor mini di Circuito de Alcarras, Spanyol. Sejurus kemudian dia naik tingkat, juara dunia MotoGP delapan kali itu naik RC213V-S di Montmelo, Circuit de Barcelona, Spanyol.

"Pengujian di Montmelo dengan RC213V-S," tulis Marc Marquez dalam akun sosial medianya seperti dilihat detikcom, Rabu (17/3/2021).

Untuk diketahui, RC213V-S merupakan motor dengan spek terdekat dengan versi motor balapnya.

[Gambas:Instagram]



"Sudah lama sejak aku sangat menikmatinya! #stepbystep," tulis juara dunia MotoGP enam kali itu di unggahannya yang lain.

RC213V-S yang dibanderol hingga Rp 7,6 miliar itu kerap mejeng di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor. Astra Honda Motor (AHM) membawa motor tersebut beberapa kali dalam ajang race day CBR series.

Motor yang digeber di sirkuit Sentul itu Honda RC213V-S. Honda RC213V-S merupakan motor versi jalan raya dari Honda RC213V yang ditunggangi pembalap Repsol Honda di ajang MotoGP.

Jakarta – PT Astra Honda Motor memberikan kesempatan kepada 71 konsumen terpilih yang telah memesan All New Honda CBR250RR untuk merasakan langsung performa Honda RCV213V-S, versi jalan raya motorsport Honda di ajang balap MotoGP. Kesempatan ekslusif test ride Honda RC213V-S yang digelar di Sirkuit Sentul (24/10 dan 26/10) ini merupakan sarana pengenalan terhadap konsep 'Total Control' tertinggi yang disematkan pada Honda RC213V-S.RC213V-S di Sentul Foto: Astra Honda Motor

Produk ini memiliki konfigurasi mesin serupa, yakni mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-Valve, 6-speed dengan kapasitas mesin 999cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 156,9 dk /11.000 rpm serta torsi sebesar 102 Nm/10.500 rpm untuk versi standar. Tenaga motor ini bisa didongkrak hingga 215 dk dengan sport kit tambahan. Sedangkan Motor Marc Marquez di MotoGP mampu menyemburkan 300 daya kuda.

Mesin ini dikatakan menerapkan system bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dengan kapasitas bahan bakar 16,3 liter. Saat di Sentul, RC213V-S terpantau menggunakan bensin memiliki kadar nilai oktan atau Research Octane Number (RON) 98 atau Pertamax Turbo.

Honda RC213V-S diproduksi secara khusus di pabrik Kumamoto, Jepang. Dirakit secara manual oleh tenaga terampil pilihan Honda sehingga menjadikan produk ini eksklusif. Sayang motor ini belum dijual resmi di pasaran Indonesia. Dalam catatan detikcom, motor pertama kali masuk Indonesia tahun 2016, dan menjadi ajang pamer buat Honda untuk memperlihatkan kemampuan teknologinya.

Momen menggeber motor Rp 7 miliaran itu kemajuan yang positif. Apalagi nama sang rider muncul dalam daftar peserta yang akan tampil di MotoGP Qatar, yang digeber mulai 28 Maret mendatang. Meski belum ada kepastian, maka hal ini bisa menjadi sinyal positif perihal comeback Marquez ke trek.



Simak Video "Marc Marquez Akhirnya Ngegas Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)