Cerita dan Arti di Balik Logo BMW, Royal Enfield, Aprilia dan MV Agusta

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 15 Mar 2021 16:40 WIB
MV Agusta Superveloce Alpine
Ilustrasi MV Agusta Foto: MCN

3. Aprilia

Aprilia Tuono 660Ilustrasi Aprilia Tuono 660 Foto: Aprilia

Merek yang satu ini didirikan di Noale, Italia, oleh Alberto Beggio setelah perang dunia kedua berakhir. Pemberian nama Aprilia sendiri berasal dari bahasa Latin yakni 'April' yang berarti 'awet muda' atau 'awal'. Pada awalnya Aprilia tidak memproduksi kendaraan bermotor, sampai akhirnya ketika sang anak, Ivano, melanjutkan usaha sang Ayah di tahun 1968, Aprilia mulai tertarik di dunia roda dua dan meluncurkan motor pertamanya yakni Scarabeo di tahun 1970.

4. MV Agusta

MV Agusta Superveloce 800Ilustrasi MV Agusta Superveloce 800 Foto: MV Agusta

Perusahaan ini didirikan oleh Count Domenico Agusta pada tahun 1945. Sebelumnya Agusta fokus dalam memproduksi pesawat terbang, namun sejak perang dunia kedua usai banyak pegawai yang takut kehilangan pekerjaan akibat kondisi saat itu sedang memburuk. Sehingga Agusta beralih untuk memproduksi kendaraan roda dua dan diberi nama MV Agusta.

Nama 'MV' sendiri merupakan singkatan dari 'Meccanica' atau mekanik, sementara 'Verghera' diambil dari sebuah desa kecil di mana motor MV Agusta pertama kali dibuat. Untuk logonya, MV Agusta terinspirasi dari roda mekanik, serta hadirnya wujud sayap berwarna biru yang terinspirasi dari pesawat terbang.



Simak Video "BMW Motorrad Rilis BMW R 18 dan R 18 Classic Model Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]

(lth/rgr)