Konsep Himalayan-Interceptor Smoked Garage Ini Siap Diajak ke 'Dua Alam'

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 26 Feb 2021 19:46 WIB
Smoked Garage Royal Enfield
Modifikasi motor Royal Enfield besutan Smoked Garage Foto: Royal Enfield
Jakarta -

Smoked Garage resmi meluncurkan dua buah motor kustom yang bertajuk "Off/Grid" pada Kamis (25/02/2021). Motor yang dikustomisasi itu menggunakan dua seri Royal Enfield, yakni Himalayan dan Interceptor.

Kedua motor Royal Enfield besutan Smoked Garage kini menampilkan desain yang lebih gahar. Apa konsep yang dituangkan Smoked Garage kali ini?

Nicko Eigert, selaku CEO Smoked Garage mengungkapkan jika modifikasi ini terinspirasi dari motor klasik Royal Enfield yang memiliki sejarah panjang dalam dunia roda dua.

"Kami mendapatkan banyak inspirasi dari Royal Enfield, sepeda motor luar biasa dari pabrikan sepeda motor tertua dengan produksi berkelanjutan di dunia," ujar Nicko dalam konferensi pers.

Modifikasi Royal Enfield besutan Smoked GarageModifikasi Royal Enfield Himalayan besutan Smoked Garage Foto: Royal Enfield

Smoked Garage ingin kustomisasi Royal Enfield menampilkan kesan gesit dan mampu melewati segala rintangan. Dipersiapkan untuk bisa menjelajah jalan 'dua alam' dengan kontur berbatuan hingga aspal halus.

"Kami ingin membuat sepeda motor kustom yang kuat namun cukup gesit untuk bisa bermanuver di lingkungan perkotaan dan alam," kata Nicko.

Smoked Garage sendiri hanya membuat sebanyak 42 unit saja, masing-masing 21 unit untuk Himalayan dan Interceptor. Selain itu konsumen akan mendapat kunci motor yang sudah di kustom juga, di mana setiap kunci motor terdapat nomor seri sesuai jumlah unit yang tersedia.

Smoked Garage Royal EnfieldSmoked Garage Royal Enfield Interceptor Foto: Royal Enfield

Motor tersebut juga dirancang secara handcrafted atau dengan tangan, hal ini untuk memastikan bahwa setiap unit motor memiliki keunikan, serta dikerjakan dengan detail dan plug and play.

Sementara Group Manager of Industrial Design di Royal Enfield, Adrian Sellers mengungkapkan jika motor Royal Enfield menjadi salah satu kendaraan yang mudah untuk dilakukan kustomisasi.

"Sepeda motor Royal Enfield sangat mudah dimodifikasi, baik custom builder professional maupun penggemar awam dapat dengan mudah menghasilkan mahakarya di garasi mereka masing-masing. Kami ingin memenuhi keinginan ini dengan merayakan elemen kreativitas dalam setiap proses kustomisasi," tutur Adrian.

Meskipun mendapat kustomisasi pada bodi motor, namun Nicko dan tim Smoked Garage tidak mengubah mesin motor dan tetap menggunakan mesin orisinil dari Royal Enfield Interceptor dan Himalayan.

Modifikasi Royal Enfield besutan Smoked GarageModifikasi Royal Enfield Interceptor besutan Smoked Garage Foto: Royal Enfield

"Untuk mesinnya kami tidak melakukan perubahan, karena saya sendiri senang dengan mesin yang digunakan oleh Royal Enfield. Jadi mesin ini tetap original dan yang diubah hanya desain saja," ungkap Nicko.

Bagi anda yang ingin membelinya, motor hasil kustomisasi Smoked Garage ini sudah tersedia secara eksklusif di dealer Royal Enfield, PT Nusantara Batavia International. Nantinya motor yang sudah dibeli akan dibawa ke Smoked Garage dahulu untuk dilakukan kustomisasi selama kurang lebih satu bulan.



Simak Video "Uji Royal Enfield Meteor 350: Gayanya Klasik, Mesin dan Fiturnya Asyik!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)