Cerita dan Arti di Balik Logo BMW, Royal Enfield, Aprilia dan MV Agusta

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 15 Mar 2021 16:40 WIB
MV Agusta Superveloce Alpine
Ilustrasi MV Agusta Foto: MCN
Jakarta -

Sebagai pecinta dunia otomotif, tentu kita akan mengenal sejumlah produsen kendaraan ternama. Namun pernahkah Anda mencari tahu latar belakang beberapa merek motor yang ada di dunia?

Saat ini puluhan produsen motor telah hadir di tengah kita. Berbagai merek besar dari berbagai negara di Asia hingga Eropa meramaikan jalanan Ibu Kota. Seperti contoh Honda yang diambil dari nama pendirinya yakni Soichiro Honda di tahun 1947.

Lalu ada juga merek Ducati, motor asal Italia ini diambil dari nama pembuatnya yakni Antonio Cavalieri Ducati dan ketiga putranya, Adriano, Marcello, dan Bruno Cavalieri pada tahun 1926.

Sementara bagi anda pecinta moge atau motor gede, pasti tak asing dengan motor Harley Davidson. Pemberian nama motor ini diambil dari William S. Harley dan Arthur Davidson, serta saudara laki-laki Walter Davidson pada tahun 1901.

Namun masih ada sejumlah fakta dibalik pemberian nama serta logo pada sebuah merek roda dua yang belum diketahui oleh banyak masyarakat. Dikutip dari Visordown, berikut beberapa arti dan makna logo dari produsen otomotif roda dua.

1. BMW

BMW Motorrad Indonesia meluncurkan model cruiser pertamanya yakni R 18 First Edition. Begini tampang keren BMW R 18 First Edition.Ilustrasi BMW Motorrad Indonesia meluncurkan model cruiser pertamanya yakni R 18 First Edition. Begini tampang keren BMW R 18 First Edition. Foto: Grandyos Zafna

Produsen otomotif asal Jerman ini ternyata memiliki singkatan yakni Bayerische Motoren Werke (BMW) yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris menjadi Bayern Motor Works. Sebelum beralih menjadi BMW, saat itu perusahaan yang bernama Rapp Motorenwerke memproduksi mesin pesawat yang berbasis di Munich, Jerman.

Lalu BMW mulai didirikan pada 1922, di mana mereka masih melanjutkan produksi mesin pesawat. Kemudian BMW mulai memperkenalkan motor pertamanya di 1923 dan mobil perdananya di 1933.

Logo bundar pada BMW terinspirasi dari desain yang serupa dengan milik Rapp Motorenwerke. Sementara warna biru dan putih di tengah merupakan wujud dari warna negara bagian Bavaria yang berada di Munich, Jerman.

2. Royal Enfield

Royal Enfield Tribute Black Edition edisi akhir 500cc Royal Enfield.Ilustrasi Royal Enfield Tribute Black Edition edisi akhir 500cc Royal Enfield. Foto: Dok. Royal Enfield

Produsen asal Inggris ini berawal dari bisnis teknik di tahun 1850-an dan perlahan beralih ke sepeda. Pada tahun 1892 berubah menjadi Perusahaan Manufaktur Eadie dan mulai memasok suku cadang ke pabrik Royal Small Arms Factory di Enfield. Dari situlah pemberian nama Royal Enfield muncul.

Pada tahun 1955 Royal Enfield bekerja sama dengan Madras Motors untuk membentuk pabrik Royal Enfield di Chennai, India. Kerja sama ini dilakukan untuk merakit motor 350 Bullet yang digunakan oleh tentara militer India.

Di tahun 1962 semua komponen motor Royal Enfield dibuat di India. Sementara itu di Inggris, Royal Enfield masih terus memproduksi sejumlah unit sepeda motor di pabrik Redditch sampai tahun 1971.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dibanderol Rp 960 Jutaan, BMW R 18 First Edition Meluncur di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]