Ambulans Motor untuk Cegah Kematian Ibu Melahirkan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 09 Mar 2021 12:33 WIB
Ambulans Motor untuk Bantu Ibu Melahirkan di Afrika
Ambulans Motor untuk Bantu Ibu Melahirkan di Afrika. Foto: Dok. Eezer.
Jakarta -

Organisasi Two Wheels for Life dan Riders for Health menyadari betapa pentingnya sepeda motor bagi komunitas pedesaan di Afrika. Jalan yang belum diaspal menjadi kendala utama bagi kendaraan medis.

Sepeda motor dianggap sebagai kendaraan yang tepat melintasi medan dan kondisi yang menantang untuk memberikan layanan kesehatan. Untuk mencegah kematian ibu melahirkan, Eezer Initiative mengembangkan ambulans yang terbuat dari sepeda motor. Ambulans sepeda motor ini ditujukan untuk mengantar pasien ke pusat kesehatan terdekat.

Untuk membuat ambulans motor, dibutuhkan motor yang ada dan bahan lokal yang ditemukan di pasar. Bermitra dengan perusahaan pengembangan produk dan teknologi Swedia Semcon, proyek ini mengembangkan desain gerbong yang melindungi pasien dari elemen dan mencegah terguling saat melewati medan yang kasar.

"Sungguh sangat menyenangkan bekerja dengan Semcon dan mengembangkan produk yang hebat dan berkelanjutan," kata koordinator Eezer Lars Klingsbo. "Kami berkomitmen untuk benar-benar mencoba memahami pengguna dan menciptakan desain yang mudah digunakan, dengan masa pakai yang paling lama."

Inisiatif tersebut saat ini menguji 25 unit di Kenya, Tanzania, Burundi, Somalia, Chad, dan Burkina Faso. Namun, Eezer berharap bisa memiliki sebanyak 3.000 ambulans sepeda motor yang beredar pada tahun 2030. Tahap selanjutnya dari proyek ini akan terdiri dari tes pengguna dan tindak lanjut. Eezer juga akan bekerja sama dengan Semcon untuk terus mengembangkan ambulans sepeda motor sepanjang tahun 2021.

"Sungguh luar biasa bekerja untuk tujuan yang begitu baik," kata Semcon Human Factors Specialist Kristina Svahnström. "Kami telah bekerja melintasi batas-batas kantor di Semcon dan ini merupakan proyek yang sangat bermanfaat."

Jika ambulans Eezer dapat membantu menurunkan angka kematian ibu di Afrika Timur dan Tengah, itu akan menunjukkan betapa pentingnya sepeda motor bagi sebuah komunitas.



Simak Video "Cerita di Balik Ambulans Berlogo Pemkot Padang di Palestina"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)