Ini Spek Motor GSX-RR, Tunggangan Rins-Mir di MotoGP 2021

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 07 Mar 2021 15:50 WIB
Suzuki Ecstar meluncurkan motor untuk MotoGP 2021 bersama Joan Mir dan Alex Rins
Suzuki GSX-RR untuk musim MotoGP 2021 Foto: Twitter @SuzukiMotoGP
Jakarta -

Suzuki memperkenalkan line-up dan motor balap mereka yang bakal berlaga di MotoGP 2021. Suzuki masih mempercayakan duet Joan Mir dan Alex Rins untuk balapan dengan Suzuki GSX-RR.

Suzuki GSX-RR untuk musim 2021 ini memiliki tampilan yang lebih segar. Memang, tampilannya masih mirip dengan musim sebelumnya. Suzuki GSX-RR ini mengusung livery dengan paduan warna biru dan putih. Lalu bagaimana spesifikasinya?

Di atas kertas, Suzuki GSX-RR mengusung mesin 1.000 cc empat silinder segaris dengan empat katup per silinder, berpendingin cairan DOHC. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 240 daya kuda. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai lebih dari 340 km/jam. Suzuki akan menyiapkan 7 unit mesin untuk balapan 20 seri musim ini.

Mesin dikawinkan dengan transmisi seamless enam percepatan. Sisa pembakaran dari mesin akan dibuang melalui knalpot titanium Akrapovic.

Suzuki Ecstar meluncurkan motor untuk MotoGP 2021 bersama Joan Mir dan Alex RinsSuzuki Ecstar meluncurkan motor untuk MotoGP 2021 bersama Joan Mir dan Alex Rins Foto: Twitter @SuzukiMotoGP

Suzuki GSX-RR mengusung sasis Twin Spar aluminium. Mendukung kestabilan ada suspensi depan terbalik dari Ohlins dan swingarm belakang yang juga disokong Ohlins.

Untuk pengereman, Suzuki GSX-RR mengusung rem karbon Brembo dengan diameter 320 mm atau 340 mm. Untuk balapan basah, Suzuki menyediakan piringan rem baja. Untuk alasan keselamatan, motor MotoGP wajib memiliki pelindung tuas rem dan tidak diperkenankan menggunakan anti-lock brake system (ABS).

Joan MirJoan Mir Foto: Suzuki-Racing.com

Motor MotoGP Suzuki untuk musim 2021 dilengkapi dengan velg 17 inci. Velg tersebut dibungkus dengan ban Michelin berukuran 17 inci. Untuk kelas MotoGP, ada Tyre Air Pressure Sensors (TAPS) untuk kedua roda yang berfungsi memantau tekanan angin ban.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)