Bamsoet Tunjuk Atta Halilintar Pimpin Komunitas Motor Listrik

Yudistira Imandiar - detikOto
Sabtu, 27 Feb 2021 19:55 WIB
Atta ditugaskan mengampanyekan motor listrik sebagai kendaraan ramah lingkungan.
Foto: Yudistira Imandiar/detikcom
Jakarta -

Atta Halilintar ditunjuk Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menjadi Presiden Komunitas Motor Listrik Indonesia. Atta ditugaskan mengampanyekan motor listrik sebagai kendaraan ramah lingkungan.

Bamsoet mengatakan kendaraan listrik memberikan berbagai benefit bagi pemiliknya. Biaya operasional mobil dan motor listrik disebut Bamsoet jauh lebih murah dibandingkan kendaraan mesin konvensional.

Kendaraan listrik tidak memerlukan biaya pembelian bensin rutin. Jika dibandingkan, biaya listrik untuk mengisi daya baterai jauh lebih murah ketimbang harga bensin yang dibutuhkan untuk mencapai jarak yang sama.

"Biaya rumah tangga tiap bulan akan berkurang (karena) pengeluaran untuk ganti oli dan servis (tidak ada) jadi bulanan nggak pusing lagi. Sehingga kita harapkan rumah tangga Indonesia bisa rutin untuk menabung dari (pengalihan) pengeluaran harian untuk bensin dan pengeluaran bulanan untuk servis dan ganti oli, sehingga diharapkan uang-uang tersebut dapat menambah biaya pendidikan dan biaya kesehatan," papar Bamsoet dalam konferensi pers bersama pembalap Sean Gelael di Jakarta, Sabtu (27/2/2021).

Selain itu, penggunaan kendaraan listrik mengurangi beban pemerintah untuk subsidi BBM. Bamsoet menguraikan saat ini sudah ada hampir 168 juta motor dan mobil yang beredar di Indonesia, sehingga volume penggunaan BBM sangat besar.

"Sekarang jumlah motor dan mobil hampir 168 juta dari hampir 270 juta masyarakat Indonesia. Bayangkan kalau sehari seliter saja, berarti ada 168 juta liter yang harus diberikan bantuan subsidi pemerintah pada pemakaian kendaraan itu. Makanya kita dorong migrasi ke (kendaraan) listrik," terang Bamsoet.

Sementara itu, Atta mengaku siap menjalankan mandat sebagai Presiden Komunitas Motor Listrik Indonesia. Ia menilai penggunaan motor listrik akan membuat udara di Indonesia semakin bersih karena bebas polusi.

Ia bercerita awalnya sempat kaget ditunjuk langsung oleh Bamsoet. Sebab, Atta belum terlalu paham mengenai motor listrik.

"Tiba-tiba di telepon sama babe (Bamsoet), katanya 'Atta jadi Presiden Motor Listrik Indonesia ya'. Wah pada saat itu aku belum pernah pakai motor listrik, baru pakai mobil listrik. Tapi yang aku ngerti dari mobil listrik banyak kan gerakan anak muda sekarang menuju ke save earth di mana kita melindungi bumi kita," ujarnya

"Gerakan motor listrik ini gerakan yang bagus ya. Aku terima kasih juga sama babe Bamsoet melatih aku jadi kau banyak mempelajari," imbuh Atta.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet menghibahkan satu unit motor Bike Smart Electric kepada Komunitas Motor Listrik Indonesia. Motor itu dapat dipergunakan Atta untuk mengampanyekan migrasi kendaraan listrik yang ramah lingkungan.



Simak Video "Anies-Atta Halilintar Hadiri Pelantikan Bamsoet Sebagai Ketua IMI"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/din)