Awas Ketipu, Enggak Semua RX-King Harganya Ratusan Juta

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 25 Feb 2021 20:10 WIB
Yamaha RX-King Dijual Rp 125 Juta
Yamaha RX-King. Foto: Dok. Arif King Priok
Jakarta -

Sudah banyak Yamaha RX-King jadul laku terjual cukup mahal. RX-King seharga mobil rasanya sudah banyak terjual. Yang terbaru, Yamaha RX-King ini dijual dengan harga Rp 125 juta.

Pemiliknya yang dikenal dengan nama Arif King Priok rela melepas RX-King kesayangannya seharga Rp 125 juta. Dia bilang, motor ini merupakan RX-King incaran kolektor. Originalitas dari RX-King tahun 1983 ini menjadi nilai mahal yang harus ditebus pembelinya.

"Ini masih orisinil catnya. Rata-rata mereka cuma dokumennya aja, barangnya udah nggak orisinil, udah restorasian. Ini kan walaupun catnnya udah karat-karat gitu, tapi masih orisinil, masih gagah, masih khas banget lah. Dan orang nggak ada yang punya," ujarnya kepada detikcom, Kamis (25/2/2021).

Tapi, Arief menegaskan, tak semua RX-King punya nilai mahal. Pembeli RX-King juga harus memahami mana motor yang memiliki nilai mahal, mana yang hanya penjualnya yang mematok harga mahal padahal motornya tidak semahal itu.

"Saya jual motor sesuai kondisi kok, ada yang Rp 20 (juta) ada yang Rp 30 (juta). Tapi ingat, sebelum membeli kita pelajari. Misalnya kita naksir RX-King tahun 97, kan RX-King banyak tipe. Beda tahun beda model. Kita pelajarin dulu. Ingat, yang mahal itu yang orisinil sesuai tahunnya yang alami. Ini pengalaman saya jual ya," ucap Arif.

Ada juga motor RX-King restorasi. Namun, tak semua juga motor RX-King restorasi punya nilai mahal.

"Kalau restorasinya detail ya ada harganya. Tapi kalau restorasi dia main cat, baut asal-asalan, walaupun cat dimirip-miripin itu nggak kategori mahal. Yang mahal itu misalnya mau restorasi ya pakai part sesuai dengan pabriknya. Mau tangki ya beli tangki assy, yang bukan cat. Itu yang mahal," kata dia.

Ada juga motor Yamaha RX-King mahal di kelas modifikasi. Jika ingin meminang RX-King modifikasi, lihat part yang digunakan.

"Kalau pakai part-part hedon semua ya mahal harganya. Shock Ohlins aja di atas Rp 10 juta. Kemarin kawan beli Rp 14,5 juta. Kalau dari situ kelihatan ya udah mahal lah. Rem Brembo aja katanya udah Rp 20 juta lebih. Makanya pelajari dulu yang mahal yang kayak gimana," ucapnya.

"Kalau kategori masuk koleksi, mau motor mau mobil itu makin tua, makin orisinil, makin mulus ya semakin mahal," tegasnya.



Simak Video "Cerita Sri Penunggang Beat Saat Bikin Jambret RX-King Terjengkang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)