Honda Africa Twin Kini Dilengkapi Fitur Android Auto

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 24 Feb 2021 14:35 WIB
Fitur Android Auto di motor
Fitur Android Auto di motor. Foto: Honda
Jakarta -

Fitur konektivitas smartphone tampaknya bakal menjadi hal lumrah di motor-motor touring Honda. Setelah disematkan pada Goldwing, fitur konektivitas smartphone seperti Android Auto kini juga hadir di Honda CRF1100L Africa Twin.

Dikutip dari Pandu Laju, fungsi Android Auto ini bakal disematkan pada kluster instrumen TFT untuk model CRF1100L Africa Twin produksi 2021. Kendati demikian, fitur ini juga bisa digunakan pada model-model lama Honda Africa Twin.

Perlu diketahui, sebelum disuntikkan ke Africa Twin, fitur konektivitas ini sebelumnya sudah ada di model motor touring, Honda Goldwing 2020. Fitur ini sangat membantu pengendara motor untuk menghubungkan perangkat gawainya dengan kendaraannya.

Bagi yang belum tahu, sebenarnya apa sih fitur Android Auto itu?

20YM Africa Twin Adventure Sports TricolorHonda Africa Twin Adventure Sports Tricolor Foto: Honda

Secara sederhana, Android Auto adalah sistem operasi (OS) yang ada di sistem kluster instrumen. Sistem OS ini memiliki tampilan antar muka alias user interface ala OS Android, namun dalam versi lebih ringkas. Untuk bisa mengoperasikan fitur ini, mesti dihubungkan dengan smartphone pengendara yang juga berbasis Android.

Di sistem Android Auto, pengendara bisa mengoperasikan berbagai fitur layaknya ponsel pintar, seperti fitur navigasi seperti Google Maps, menyetel musik, menerima pesan dan panggilan, serta fitur lainnya seperti layar sentuh dan voice command.

Honda sendiri masih belum menjelaskan model Africa Twin tahun berapa saja yang bisa menikmati fitur ini. Namun perlu diketahui, Android Auto hanya bisa dioperasikan dengan smartphone Android 5.0 ke atas.

Selain Android Auto, ada juga fitur konektivitas lainnya yang berbasis iOS, fitur itu adalah Apple CarPlay.



Simak Video "Jangan Tertipu, Tak Semua Mobil Pelat 'RF' Punya Pejabat"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)