Ketika Motor MotoGP Bersanding dengan Mobil Listrik dan PCX Electric

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 23 Feb 2021 12:59 WIB
Repsol Honda meluncurkan motor MotoGP untuk musim 2021.
Motor Marquez dan Pol Espargaro disandingkan dengan mobil dan motor listrik Honda. Foto: Dok. HRC
Jakarta -

Repsol Honda resmi meluncurkan motor MotoGP untuk musim 2021. Honda RC213V tunggangan Marc Marquez dan Pol Espargaro untuk musim 2021 ini disandingkan dengan mobil dan motor listrik Honda.

Dalam sebuah foto resmi Honda Racing Corporation (HRC), Honda RC213V musim 2021 berpose dengan mobil listrik Honda e dan motor listrik PCX Electric. Kendaraan elektrifikasi Honda itu membuktikan keseriusan Honda dalam industri kendaraan ramah lingkungan.

Honda memang berkomitmen 'menyetrum' lini produknya agar lebih ramah lingkungan. Misalnya di Eropa, Honda bertujuan untuk mengelektrifikasi model-model mainstream di tahun 2022.

Mobil mungil bertenaga listrik Honda e secara resmi telah diluncurkan pada pameran Frankfurt Motor Show 2019. Namun baru dijual di beberapa pasar Eropa saja. Sementara di Indonesia mobil listrik ini belum dijual.

Honda e merupakan generasi pertama dari seri mobil listrik Honda ke depan. Mobil ini juga sekaligus menjadi mobil listrik pertama Honda yang diproduksi dan dijual secara masal.

Honda memamerkan mobil listrik Honda e di Frankfurt Motor Show, September 2019.Honda memamerkan mobil listrik Honda e di Frankfurt Motor Show, September 2019. Foto: Honda via Newspress

Mobil ini meluncur dengan dua pilihan motor listrik sebagai penggeraknya, antara 134hp ada pula 152hp. Selain itu daya jelajahnya sama, yakni 220km menggunakan baterai 35,5kWh.

Honda e juga dapat melakukan pengisian daya cepat yang mana dapat terisi sampai 80 persen dalam waktu 30 menit saja. Fitur menarik mobil ini adalah tidak adanya kaca spion yang digantikan dengan kamera, audio premium, dan opsi parkir pilot.

Selain mobil listrik Honda e, motor balap MotoGP 2021 Honda RC213V juga berpose dengan Honda PCX Electric. Honda PCX Electric ini sendiri sudah ada di Indonesia, namun baru dipakai untuk kalangan tertentu seperti ojek online, belum dijual massal ke masyarakat umum.

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan skuter listrik terbarunya di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Skutik ini adalah PCX Electric.PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan skuter listrik terbarunya di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Skutik ini adalah PCX Electric. Foto: Agung Pambudhy

Honda PCX Electric menggunakan dua baterai lithium-ion masing-masing 50,4V dengan densitas tinggi yang dipasang secara serial. Konstruksi motor listrik menggunakan struktur Interior Permanent Magnet (IPM) demi mendapatkan efisiensi energi dan performance motor listrik yang optimal. Dengan baterai tersebut, motor mampu menghasilkan output maksimum 4.2kW yang didapat sejak putaran rendah dan torsi maksimal 18 Nm di 500 rpm.

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board. Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan masa pengisian 6 jam.

Jika PCX electric dikendarai pada kecepatan konstan 40 km/jam maka bisa dipacu sejauh 69 km. Sementara jika digeber 60 km/jam, PCX listrik hanya bisa menempuh jarak 41 km.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)