Marquez Ikut Peluncuran Motor MotoGP 2021, Intip Speknya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 23 Feb 2021 08:47 WIB
Repsol Honda meluncurkan motor MotoGP untuk musim 2021.
Honda RC213V 2021. Foto: Dok. HRC
Jakarta -

Marc Marquez akhirnya tampil lagi ke publik dengan motor MotoGP yang akan ia tunggangi. Bersama rekan setimnya Pol Espargaro, mereka meluncurkan motor MotoGP untuk musim 2021.

Secara tampilan sih dari tahun ke tahun tak ada perubahan yang signifikan pada motor Honda RC213V ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Honda RC213V tunggangan Marquez dan Pol ini mengadopsi livery kombinasi oranye dan putih. Ini menjadi ciri khas motor balap tim Repsol Honda.

Dalam peluncuran Honda RC213V, Marquez bilang bangga melihat motornya dan menggunakan baju balap lagi setelah lama absen karena cedera. Dia menyebut, akan segera kembali ke sirkuit MotoGP untuk balapan.

"Tentu saja, saya ingin kembali lebih cepat, tetapi sangat penting untuk mendengarkan dokter dan tubuh saya sampai saya benar-benar fit. Saya bisa membayangkan comeback terbaik yaitu mulai mengendarai motor lagi dan menjadi sama, tetapi akan sulit untuk menjadi seperti ini. Tapi kita akan melihat apakah dibutuhkan satu balapan, dua balapan setengah musim untuk menjadi Marc yang sama," kata Marquez.

Repsol Honda meluncurkan motor MotoGP untuk musim 2021.Repsol Honda meluncurkan motor MotoGP untuk musim 2021. Foto: Dok. HRC

Sementara Pol Espargaro yang resmi menjadi pebalap tim pabrikan Repsol Honda mulai tahun ini mengatakan, musim ini menjadi hal yang paling menarik bagi karier dia.

"Balapan untuk Tim Repsol Honda adalah impian pebalap dan sesuatu yang sangat dibanggakan. Setiap beberapa minggu saya telah mengambil langkah lain, melihat motor di rumah saya, sekarang mengenakan baju balap. Langkah terakhir adalah mengendarai RC213V untuk pertama kalinya di Qatar, kegembiraan ini memotivasi saya untuk lebih banyak berlatih dan menjadi yang terbaik untuk Kejuaraan Dunia 2021. Saya di sini, di Tim Repsol Honda untuk meraih kesuksesan dan berjuang di puncak, ini adalah tujuan untuk tahun 2021," ucapnya.

Secara spesifikasi, Honda RC213V juga tak jauh berbeda. Dikutip dari laman resmi Honda Racing Corporation (HRC), Honda RC213V untuk musim 2021 ini telah dimodifikasi sasisnya untuk kekakuan dan keseimbangan. Sasisnya didesain untuk kemampuan menikung dan stabilitas. Sasis twin-spar aluminium sangat ringan, tapi memberikan karakteristik kekakuan dan kekuatan ideal yang diperlukan untuk menahan mesin yang bisa menyalurkan tenaga besar ke ban belakang. Selain kekuatan, sasis memiliki fleksibilitas yang dirancang dengan cermat untuk meningkatkan cengkeraman ban.

Repsol Honda meluncurkan motor MotoGP untuk musim 2021.Repsol Honda meluncurkan motor MotoGP untuk musim 2021. Foto: Dok. HRC

Sementara soal mesin, motor tunggangan Marquez dan Pol Espargaro ini masih mengadopsi konfigurasi mesin V4 berkapasitas 1.000 cc. Tenaga maksimalnya bisa mencapai 240 daya kuda. HRC telah meninjau semua detail mesin baru, membuatnya lebih ringan, lebih bertenaga dan mudah dikendalikan oleh pebalapnya. Untuk tahun 2021, pengembangan mesin selama musim dingin telah dilarang karena perubahan aturan, artinya HRC masih menggunakan mesin spesifikasi tahun 2020.

Untuk mendukung kestabilan, Honda RC213V dibekali suspensi Ohlins di depan dan belakang. Menyediakan hubungan penting antara roda dan sasis, tugas suspensi adalah menjaga agar ban tetap menyentuh tanah dan menghasilkan cengkeraman maksimal. Di depan tersedia suspensi Telescopic fork dan suspensi belakang dengan Pro-link.

Sementara pada bagian bodi, Honda RC213V menggunakan bodi serat karbon yang ringan dan membuat motor ini se-aerodinamis mungkin. RC213V 2021 memiliki fairing yang dimodifikasi untuk mencapai keseimbangan performa maksimum, handling, dan pengereman melalui pengelolaan aliran udara. Dalam beberapa tahun terakhir, 'sayap kecil' aerodinamis memainkan peran yang semakin penting di MotoGP dan merupakan beberapa perubahan yang paling terlihat di setiap musim.

Seperti motor MotoGP lainnya, Honda RC213V menggunakan ban Michelin. Michelin sebagai pemasok ban eksklusif di MotoGP akan menyediakan berbagai jenis dan karakter ban sesuai dengan kondisi lintasan.

Untuk daya pengereman, Honda RC213V mengandalkan rem depan serat karbon yang disuplai oleh Brembo. Rem karbon ini menghasilkan tenaga pengereman yang luar biasa, beberapa kali terlihat pebalap MotoGP sampai mengangkat ban beelakangnya sebelum memasuki tikungan. Dalam kondisi basah dan kering, penutup eksternal dan saluran pendingin terkadang ditambahkan untuk membantu mengatur suhu rem.



Simak Video "MotoGP Jerman: Marc Marquez Rajanya Sirkuit Sachsenring"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)