Rumor PCX 160 Bakal Rilis di RI, Honda PCX 150 Langka di Dealer?

Ilham Fikriansyah - detikOto
Selasa, 02 Feb 2021 15:25 WIB
Honda PCX 160 Thailand
Honda PCX 160 yang sudah meluncur di Thailand (AP Honda)
Jakarta -

Santer rumor kemunculan Honda PCX 160 di tahun 2021. Kabar tersebut kabarnya membuat stok sepeda motor Honda PCX 150 kian sulit ditemukan di delaer resmi Honda. Apa iya?

Tim detikOto berkesempatan mengunjungi tiga dealer resmi Honda yang berada di Jl. Jatinegara, Jl. Dewi Sartika dan Jl. Condet Raya untuk memastikan rumor tersebut. Apa benar PCX 150 masih tersedia dijual atau sudah menipis stoknya?

Dealer pertama yang kami datangi adalah yang terletak di Jl. Dewi Sartika, di mana dealer Honda tersebut merupakan salah satu yang terbesar dan terlengkap. Ketika ditanyakan pada petugas penjualan di sana, disebutkan kalau stok Honda PCX 150 jumlahnya hanya beberapa, dengan varian warna yang juga terbatas.

"Untuk Honda PCX 150 stoknya engga banyak, hanya tersisa untuk varian ABS dan CBS saja. Sementara untuk varian warnanya hanya tersisa hitam dan biru saja," jelas dia pada detikOto.

Sementara ketika ditanya mengenai kehadiran Honda PCX 160, pria tersebut tidak bisa memastikan apakah motor tersebut akan segera dirilis atau tidak.

Honda PCX 160 ThailandHonda PCX 160 Thailand Foto: AP Honda

"Kalau soal Honda PCX 160 saya belum bisa memastikan apakah akan hadir atau tidak, karena saat ini kami hanya focus untuk menjual Honda PCX 150 saja kepada konsumen yang akan membeli," imbuhnya.

Petugas penjualan tersebut memprediksi kalau kehadiran PCX 160 tidak berbeda jauh dengan PCX 150. Dia menyebut kemungkinan besar hanya ada sedikit perubahan pada desain, di mana perubahan besar tentu saja pada penambahan kapasitas mesin menjadi 160 cc.

Setelah mengunjungi dealer Honda di Jl. Dewi Sartika, tim detikOto mencoba mendatangi dealer resmi Honda yang berada di Jl. Jatinegara, Jakarta Timur.

Ketika bertanya dengan salah satu pegawai penjualan di sana, terungkap kalau stok Honda PCX 150 sudah habis, baik versi yang ABS dan CBS. Dia menjelaskan, ketiadaan stok Honda PCX 150 dikarenakan adanya rumor peluncuran seri Honda PCX 160.

Honda PCX 160 ThailandHonda PCX 160 Thailand Foto: AP Honda

"Untuk stok Honda PCX 150 di kita sudah habis ya, ada sisa satu tapi sudah di booking sama orang. Kemungkinan besar PCX yang masuk nanti sudah seri yang 160. Karena ada rumor juga soal kehadiran PCX 160, jadi kita menghabiskan stok Honda PCX 150," ujarnya ketika ditanya.

Pria tersebut mengiyakan ketika ditanya soal rumor peluncuran varian Honda PCX 160, yang dalam beberapa hari lalu infonya muncul di laman resmi Astra Honda Motor.

"Kalau (seri) PCX 160 nanti kemungkinan sih akan ada ya, rumornya akan menggantikan PCX 150 ini. Tapi untuk harga dan perilisan kami belum bisa memastikan," katanya.

Honda PCX 160 Meluncur Februari atau Maret?

Dealer ketiga yang kami kunjungi terletak di Jl. Condet Raya, Jakarta Timur. Salah satu pegawai penjualan di sana mengungkapkan stok Honda PCX 150 hanya tersisa pada varian ABS saja dan warna hitam.

"Untuk (seri) PCX 150 hanya tersisa yang ABS saja, sementara untuk warna hanya tersisa hitam," ucap si petugas penjualan.

Dirinya juga menjelaskan, kehadiran stok PCX 150 yang menipis ini diakibatkan adanya seri Honda PCX 160 yang akan segera dirilis dalam waktu dekat ini. Sehingga untuk PCX 150 hanya menghabiskan stok lama saja yang belum terjual.

Honda PCX 160 ThailandHonda PCX 160 Thailand Foto: AP Honda

"Kemungkinan besar karena sebentar lagi Honda akan mengeluarkan seri PCX 160, jadi stok HondaPCX 150 tidak dikirim lagi, dan digantikan dengan PCX 160 yang terbaru," terang dia.

Namun ketika ditanya kapan Honda PCX 160 mulai dijual dan berapa harganya, dia tidak bisa memastikan hal tersebut karena belum mendapat informasi lebih dalam.

"Untuk harga dan kapan tanggal rilisnya belum tau, kemungkinan besar antara Februari atau Maret," tuntasnya.



Simak Video "'Menyiksa' PCX di Bali, Terobos Kemacetan dan Jalan Naik Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)