Honda PCX 160 Cocok di Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 13 Jan 2021 09:45 WIB
Honda PCX 160 Thailand
Honda PCX 160, apakah cocok dengan pasar Indonesia (AP Honda)
Jakarta -

Honda PCX 160 sudah meluncur di Thailand. PT Astra Honda Motor (AHM) belum bisa berkomentar banyak soal peluang All New Honda PCX 160 masuk ke Indonesia.

Ya, negeri 'Gajah Putih' menjadi negara pertama yang dipilih untuk memasarkan produk premium Honda ini. Direktur Pemasaran PT AHM Thomas Wijaya mengatakan masih mempelajari cocok atau tidaknya PCX 160 menggantikan model yang dijual di Tanah Air saat ini.

"Mengenai PCX kami masih akan fokus untuk melayani konsumen dengan yang 150, sambil mempelajari pasar segmen seperti apa yang dibutuhkan konsumen nanti yang ke-160 cc," jawab Thomas di sela-sela peluncuran All New CBR150R, Selasa (12/1/2021).

Lebih lanjut, Thomas mengatakan bahwa mesin 150 cc saat ini masih banyak diminati masyarakat Indonesia. Untuk skutik ragam pilihannya, seperti Yamaha Nmax, Yamaha Aerox, Honda Vario, termasuk Honda PCX.

"Penggunaan 150 juga cukup nyaman untuk para masyarakat, dan para konsumen. Masih cocok digunakan saat macet, stop n go, kemudian touring," kata Thomas.

"Pasar 150 cc masih besar, masyarakat masih nyaman, dan kita lihat powernya juga baik," sambungnya.

Honda PCX 160 hadir dengan desain baru yang sporty dan mewah, dengan garis dan tampilan yang ramping, dilengkapi lampu full LED di sekujur bodinya. Aspek mesin pun di-upgrade, dengan sokongan mesin eSP+, 4 valve terbaru, berkapasitas 157 cc.

Selain itu motor ini dibekali fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) untuk mencegah roda selip saat dilakukan akselerasi, kemudian juga ada fitur rem cakram depan-belakang, dengan teknologi ABS pada roda depan yang membantu mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Selain itu, suspensi belakang pun baru, yang dikombinasikan dengan tapak ban lebih besar.

Geser ke area kokpit, ada spidometer full digital Speedometer, yang menampilkan semua fungsi dengan jelas. Selanjutnya ada sistem kontak Honda SMART Key yang canggih, lampu hazard, kompartemen penyimpanan depan, soket USB, dan kapasitas bagasi bawah jok hingga 30 liter yang dilengkapi seat stopper.

AP Honda Thailand menjual All New Honda PCX 160 mulai 7 Januari di dealer Honda Wing Center. Skutik ini ditawarkan dalam 2 model, standar dan ABS. Versi standar dibanderol 85.900 (Rp 40,1 juta) dan versi ABS-nya 91.900 baht atau setara Rp 42,9 juta.

"Kita akan pelajari survei ke konsumen kebutuhannya seperti apa," tutup Thomas.



Simak Video "Jajal PCX 160 di Jalanan Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)