Berpotensi Terbakar, Ducati Recall Scrambler 1100

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 27 Des 2020 08:52 WIB
Ducati Scrambler 1100
Ducati Scrambler 1100. Foto: Ducati
Jakarta -

Ducati di Amerika Utara mengumumkan kampanye recall atau penarikan kembali terhadap motor Ducati Scrambler 1100. Penyebabnya, exhaust flapper cable berpotensi bersentuhan dengan baterai dan berisiko menyebabkan kebakaran.

Dilansir dari laman Ride Apart, menurut dokumen yang diterbitkan Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat (NHTSA), Ducati memperkirakan sekitar satu persen dari 1.072 kendaraan terlibat dalam penarikan tersebut.

Penarikan kembali ini menargetkan Ducati Scrambler 1100 model tahun 2018 hingga 2021, lebih khusus lagi unit yang diproduksi antara Maret 2018 sampai Oktober 2020.

Ducati menjelaskan masalah ini karena kabel yang mengontrol flapper knalpot--katup yang terpasang di sistem pembuangan yang mengontrol aliran gas buang--berpotensi bersentuhan dengan kabel positif utama baterai.

Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan korsleting, dan dalam kasus yang paling ekstrem, bahkan menyebabkan kebakaran. Pabrikan mengatakan bahwa tidak ada tanda peringatan dari situasi yang sedang berlangsung.

Hingga kini, belum ada laporan tentang kebakaran atau cedera terkait masalah ini.

Perusahaan akan menghubungi pemilik melalui surat dan recall dengan nomor SRV-RCL-20-003 diperkirakan akan dimulai pada 25 Januari 2021. Pemilik Ducati Scrambler 1100 diminta untuk mengunjungi dealer Ducati.

Dealer akan memasang cable guide dan pengikat kabel yang mengunci sendiri ke kabel katup exhaust yang akan mencegah kabel bersentuhan dengan kabel baterai. Perbaikan akan dilakukan secara gratis. Pemilik yang terlanjur membayar untuk memperbaiki masalah berhak untuk mendapatkan pengembalian dana.



Simak Video "Luca Marini Akan Lawan Sang Kakak Valentino Rossi di MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)