Inovasi Celana Buat Bikers, Kalau Jatuh Airbag Ngembang!

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 14 Des 2020 19:42 WIB
CX Dynamic Celana Airbag
Foto: CX Dynamic Celana Airbag
Jakarta -

Inovasi tak pernah berhenti, utamanya soal keselamatan berkendara. Baru-baru ini perusahaan start-up asal Prancis CX Air Dynamics mengenalkan celana untuk bikers yang memiliki airbag (kantung udara).

Airbag di wearpack pebalap MotoGP sudah jadi standar keselamatan. Kini teknologi itu coba diterapkan untuk produk massal oleh CX Air Dynamics. Dicuplik Rushlane, Senin (14/12/2020) CX Air Dynamics mengklaim bahwa kantung udara dapat mengembang dalam waktu kurang dari 200 milidetik. Sederhananya, air bag itu dikemas menggunakan kartrid udara terkompresi kecil.

Ada empat kantung udara di dalam pakaian: Dua di sisi setiap kaki, di paha, dan di betis. Setelah air bag digunakan, Anda dapat dengan mudah mengganti kartrid air bag tersebut.

Kulit luar dari celana itu menggunakan bahan Cordura, dan dilapisi busa penyerap benturan yang fleksibel --Poron XRD-- yang bisa menyerap hingga 90 persen energi benturan.

Namun nampaknya inovasi ini perlu ditinjau lebih jauh. Dalam video yang diunggah oleh CX Air Dynamics, alih-alih setelan sensor elektronik yang secara otomatis bisa mendeteksi tabrakan yang biasa kita temukan di jaket, celana buatan CX Air Dynamic harus dikaitkan ke sepeda motor dengan tali dan terlihat seperti cantolan carabinier.

Mekanismenya, jika pengendara jatuh dari sepeda atau terlempar, gerakan menarik tali itu akan memicu berkembangnya kantung udara.

[Gambas:Youtube]



Perusahaan saat ini mengenalkan celana itu melalui website crowdfunding di KissKissBankBank dengan target 250 pendukung sebelum Natal 2020.

Celana airbag CX Air Dynamics akan dijual seharga US$ 600 atau sekitar hampir Rp 8,5 jutaan, khusus 250 pendukung di awal bisa mendapatkan kelebihan seperti kartrid udara cadangan.



Simak Video "Keren! Ini Pelindung Smartphone Buatan Mahasiswa Jerman"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)