Tukar Guling Motor Bensin dengan Motor Listrik, Mau?

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 03 Des 2020 13:41 WIB
PT Gesits Technologies Indo (GTI) akhirnya rilis harga resmi motor listrik nasional Gesits di IIMS 2019. Motor rakitan anak negeri ini dibanderol Rp 24 jutaan.
Ilustrasi motor listrik Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Stimulus untuk bisa meningkatkan pasar kendaraan listrik memang diperlukan, sebut saja memberikan pajak yang murah dan bebas ganjil genap. Meski demikian hal tersebut dinilai belum cukup untuk bisa meningkatkan penjualan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Untuk itu pabrikan motor listrik anak bangsa Gesits dan Volta membuka peluang kepada perusahaan-perusahaan untuk bekerjasama dalam mewujudkan trade in alias tukar guling motor bensin.

"Sampai saat ini kami memang belum ada kerja sama untuk bisa mengubah pengubahan motor tenaga bakar ke listrik, tapi kami tengah mencari perusahaan atau rekanan yang bisa bekerja sama dengan kami untuk beli motor bensin (trade in). Mudah-mudahan di 2021 kami sudah menemukan perusahaan atau rekanan yang bisa memberikan trade in," ujar Direktur Utama PT Gesits Bali Pratama, Sari Suryanti, dalam Press Conference IIMS Motobike Hybrid.

Motor listrik kini mulai dikenali masyarakat, tak ketinggalan ada motor polisi bertenaga listrik mejeng di IIMS Moto Bike, Istora, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Motor pak polisi ini dibuat oleh Gesits.Motor listrik kini mulai dikenali masyarakat, tak ketinggalan ada motor polisi bertenaga listrik mejeng di IIMS Moto Bike, Istora, Jakarta, Jumat (29/11/2019). Motor pak polisi ini dibuat oleh Gesits. Foto: Rifkianto Nugroho

Selanjutnya CEO PT Volta Indonesia Semesta, Wilty Awan juga menyampaikan untuk bisa mempercepat program elektrifikasi kendaraan diperlukan kerjasama dalam semua bidang, termasuk dalam melakukan konversi kendaraan bensin menjadi listrik.

"Untuk konversi sepeda motor bensin ke motor listrik adalah program yang sangat baik untuk untuk mempercepat elektrifikasi sepeda motor, volume sepeda motor bensin sudah terlanjur sangat banyak dan ini akan terbantu dengan program konversi. Kami dari Volta mendukung program untuk menciptakan langit biru bersama," kata Wilty.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)