Diubah Jadi Motor Listrik, Tarikan Honda BeAT Bisa Kalahkan Ninja 250

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 02 Des 2020 07:26 WIB
Motor skutik bensin yang sudah dimodifikasi jadi motor listrik
Motor skutik bensin yang sudah dimodifikasi jadi motor listrik. Foto: Luthfi Anshori
Bekasi -

Motor listrik memiliki tenaga yang lebih instan dibandingkan motor konvensional berteknologi pembakaran dalam. Ini bisa terjadi karena motor listrik tidak menggunakan sistem penggerak yang membuat tenaga hilang. Motor listrik langsung menggunakan dinamo yang menggerakkan roda belakang. Saking besarnya energi listrik, Honda BeAT yang sudah diubah jadi motor listrik diklaim bisa menyamai torsi atau tarikan awal motor sport Ninja 250.

Motor bensin bisa dimodifikasi menjadi motor listrik, dengan ubahan di komponen mesin dan sistem penggerak. Jika sudah diubah jadi kendaraan listrik, seharusnya pemilik motor lebih hemat dalam pengeluaran karena tidak harus lagi membeli bensin. Tapi ternyata bukan tujuan itu yang dikejar. Pemilik motor bensin yang memodifikasi kendaraannya jadi motor listrik, justru ingin mengejar performa.

"Jadi di bengkel kami bukan menjanjikan kehematan (setelah melakukan engine swap). Tapi di sini kami mengubah mesin bensin jadi engine listrik itu lebih untuk memuaskan kustomer dengan cara berkendara," buka pemilik bengkel Petrikbike, Ady Siswanto, ketika ditemui detikOto, di Jatisampurna, Bekasi, Selasa (1/12/2020).

"Kalau pake engine bensin itu kan tarikannya loyo. Tapi kalau pakai engine listrik itu tarikannya luar biasa. Kenceng banget. Ibaratnya, kayak bawa motor cc gede. Jadi kebanyakan yang custom di sini bukan buat nyari hematnya, tapi lebih ke nyari performa," sambungnya lagi.

Menurut Ady, motor bebek atau motor matik entry level seperti Honda BeAT yang dimodifikasi menjadi motor listrik, bakal memiliki tarikan awal yang lebih kuat dibanding motor bensin 250 cc sekalipun.

"Dengan motor bebek atau matik, diganti pakai motor listrik, ini tenaga awalnya bakal gede banget, bahkan Ninja 250 aja bisa kalah tarikan awalnya dengan motor ini," jelas Ady.

Menurut Ady, motor bensin bisa dimodifikasi dengan pilihan kapasitas daya bervariasi bergantung kebutuhan. "Motor listrik pilihan kapasitasnya 1.000 watt sampai 5.000 watt," bilangnya lagi.

Biaya Modifikasi Motor Bensin Jadi Motor Listrik

Soal biaya modifikasi, ada tiga komponen yang mempengaruhi, yakni jarak tempuh, kecepatan, dan torsi atau tenaganya. "Semakin jauh jarak tempuh, semakin cepat motor itu berlari, dan semakin besar tenaga motor listrik, maka akan semakin mahal," jelas Ady.

"Untuk engine swap motor. Itu paket paling murah, Rp 9 juta. Ini sudah dapat semuanya, baterai, motor controller, juga dinamo. Tapi speknya rendah. Kecepatannya pelan, 50 km/jam atau 60 km/jam. Jarak tempuh juga paling 30 km. Biasanya yang ambil paket ini itu anak-anak kampus yang lagi bikin tugas akhir (skripsi)," ungkapnya.

Sementara untuk paket modifikasi standar, biayanya berkisar Rp 15 sampai Rp 25 juta.

"Paket Rp 15 juta ini sudah semuanya plus biaya pasangnya. Biasanya penggunaannya buat harian. Ini jaraknya bisa tempuh 40 km - 50 km, tarikannya setara motor 110 cc. Dan kecepatannya 80 km/jam," kata Ady.

"Kalau yang modifikasi Rp 25 juta, kekuatannya bisa setara motor 150 cc. Jarak tempuhnya bisa 80 km, dan kecepatannya bisa 80 km/jam - 100 km/jam. Torsinya lebih gede, bisa nandingin motor 150 cc," tukasnya.



Simak Video "Nyobain Smoot Tempur di Jalanan Ibukota"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)