Kisah Inspiratif Kang Jimin, Pembuat Motor Roda 3 untuk Difabel Tak Pasang Tarif

Dian Utoro Aji - detikOto
Senin, 30 Nov 2020 06:55 WIB
Modifikasi motor roda tiga untuk difabel
Modifikasi motor roda tiga untuk difabel (Dian Utoro Aji/detikOto)
Jepara -

Keterbatasan fisik Khosikin (38) warga Desa Lebak Kecamatan Pakis Aji, Jepara, Jawa Tengah, tidak berhenti untuk tetap berkarya. Pria yang akrab disapa Kang Jimin ini memodifikasi sepeda motor menjadi sepeda motor roda tiga. Bahkan Kang Jimin tidak mematok tarif modifikasi motor roda tiga untuk sesama difabel.

Saat ditemui di kediamannya Desa Lebak, Kecamatan Pakis Aji, Kang Jimin sedang sibuk merangkai sepeda motor roda tiga. Terlihat Kang Jimin kedua kaki dan tangannya tidak sempurna. Meskipun demikian, tampak dia dengan semangat menyiapkan peralatan untuk melakukan modifikasi sepeda motor.

Terlihat keringat bercucuran membasahi tubuhnya. Dia dengan teliti merangkai satu persatu bagian motor untuk dimodifikasi menjadi roda tiga. Mulai dari merangkai kerangka hingga memasang ban sepeda motor.

Kang Jimin mengaku ada kisah tersendiri awalnya dia menjadi mekanik motor roda tiga bagi difabel di Jepara. Kata dia, menekuni mekanik motor roda tiga sejak awal tahun 2018 silam. Namun sebelumnya pada tahun 2011 silam dirinya pernah membuat sepeda motor roda tiga tetapi gagal terus.

Modifikasi motor roda tiga untuk difabelModifikasi motor roda tiga untuk difabel Foto: Dian Utoro Aji/detikOto

"Berawal dari kekurangan saya dalam bekerja waktu itu. Waktu itu saya bikin roda tiga tahun 2011 untuk bikin milik saya sendiri. Berawal dari itu bikin gagal pertama, bikin lagi gagal tapi masih bisa dipakai. Kurang lebih sampai 15 bulan itu sudah tidak nyaman," kata Kang Jimin saat ditemui di kediamannya, pekan lalu.

"Dari itu punya inisiatif sendiri untuk bikin (motor roda tiga sendiri). Motor pertama Mio pertama kali sampai tiga kali. Sampai akhirnya bikin sendiri sampai senyaman mungkin dari pengalaman pertama. Kedua saya bikin lagi dari sepeda motor Beat, saya rangkai sendiri. Saya bikin sendiri sampai nyaman, senyaman mungkin," sambung dia.

Kemudian, kata dia lagi, pada tahun 2018 lalu, dia masuk di komunitas Sahabat Difabel Jepara. Dari komunitas tersebut, Kang Jimin melihat teman - teman difabel yang membutuhkan sepeda motor. Hingga akhirnya dia bertekad membantu dengan memodifikasi sepeda motor milik para difabel.

Modifikasi motor roda tiga untuk difabelModifikasi motor roda tiga untuk difabel Foto: Dian Utoro Aji/detikOto

"Dari itu masuklah komunitas, SDJ tahun 2018 masuk. Dari situ ketemu sama teman - teman (difabel) ada yang minat, bikin roda tiga. Nah dari awal itu saya punya inisiatif membantu teman - teman semua. Hanya yang selama ini hidupnya tergantung sama orang lain, saya kasih semangat saya kasih suport untuk lebih mandiri. Jangan sampai tergantung dengan orang lain," kata Kang Jimin yang juga merupakan pekerja konstruksi baja ringan.

[Lanjut ke Halaman Berikutnya: Gratis Modifikasi Motor Tiga Roda]



Simak Video "Sangar! Yamaha Scorpio ini Disulap Jadi Chopper yang 'Spesial'"
[Gambas:Video 20detik]