Kamis, 12 Nov 2020 07:07 WIB

Yamaha MT-09 Kembali Berbenah, Mesinnya Ramah Lingkungan

M Luthfi Andika - detikOto
Yamaha MT-09 2021 Yamaha MT-09 2021 Foto: dok. Yamaha Europe
Jakarta -

Yamaha pastikan MT-09 bakal kembali berbenah, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan akan mesin Euro5 sesuai peraturan emisi gas buang di Eropa, Yamaha juga ikut mempermak fitur lain yang bakal memanjakan penggila motor besar.

Seperti dikutip dari visordown, tampang Yamaha MT-09 2021 sudah mulai bocor di dunia maya dan tengah dinikmati penggilanya. Fokus Yamaha kali ini memang ingin memanjakan konsumennya dengan pilihan mesin baru yang lebih ramah lingkungan dan lebih tangguh.

Nah penasaran dengan Yamaha MT-09 terbaru yang akan dijual pada 2021, simak ulasan detailnya berikut ini.

1. Mesin tangguh yang ramah lingkungan

Yamaha MT-09 2021Yamaha MT-09 2021 Foto: dok. Yamaha Europe

Perubahan yang akan paling dirasakan para penggila roda dua Yamaha MT-09 akan dirasakan pada perubahan mesin, dikatakan Yamaha MT-09 akan menawarkan mesin 889cc namun perbedaannya mesin ini bakal sanggup menelan Euro5 dan akan menjadi mesin jenis CP3 yang paling bertenaga saat ini.

Ketangguhan itu didapatkan berkat perubahan stroke yang lebih panjang 3mm, yang mampu menambah ketangguhan mesin layaknya menambahkan mesin 49cc dibandingkan generasi sebelumnya atau lebih tangguh 4 tenaga kuda mencapai 117,3 tenaga kuda. Bahkan urusan torsi dikatakan mesin ini lebih besar hingga 68 lb-ft di 7.000 rpm dan sudah merasakan tenaga besar sejak 1.500 rpm.

Ketangguhan ini bakal digabungkan dengan perubahan sistem injeksi bahan bakar dengan injektor bergeser dari kepala silinder ke tepat setelah katup throttle. Hal tersebut membuat bahan bakar disuntikkan langsung ke bagian belakang katup. Desain injektor ini diklaim dapat meningkatkan atomisasi bahan bakar, meningkatkan pembakaran, meningkatkan efisiensi, dan membantu mendapatkan sertifikasi Euro5 dengan melakukan pembakaran bahan bakar auh lebih bersih.

2. Fitur yang Lebih Keren Layaknya Milik Yamaha R1

Yamaha MT-09 2021Yamaha MT-09 2021 Foto: Pool (visordown)

Perubahan selanjutnya yang ditawarkan Yamaha MT-09 kali ini terdapat pada sistem kelistrikan bahkan IMU System layaknya milik R1 juga diberikan. Tidak lupa sistem ABS, Lean-Sensitive traction Control. Slide Control dan wheelie control serta multiple riding modes juga akan diberikan.

Semua fitur tersebut diatur dalam monitor terbaru TFT dash 3,5 inci yang mudah dikendalikan oleh pengendara.

3. Komponen Sasis yang Lebih oke

Yamaha MT-09 2021Yamaha MT-09 2021 Foto: dok. Yamaha Europe

Perubahan selanjutnya yang ditawarkan pada Yamaha MT-09 2021 ialah sasis yang digunakan, Yamaha mempermak komponen pembuatan sasis dengan kualitas yang lebih tinggi.

Selain itu Yamaha MT-09 kali ini juga memfokuskan kenyamanan dengan menyelipkan suspensi terbaik, dengan menyelipkan suspensi belakang menggunakan Ohlins dan KYB pada suspensi depan. Sehingga Yamaha mengklaim pengendara akan merasakan kenyamanan dengan mampu meredam getaran dengan sempurna, bahkan suspensi belakang bisa diatur sesuai dengan kenyamanan pengendara.



Simak Video "Melihat Ketangguhan Yamaha MT-07 dan MT-09 Seharga Ratusan Juta Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com