Jumat, 06 Nov 2020 16:52 WIB

Ducati Multistrada V4 Meluncur, Boyong Teknologi Mobil sampai MotoGP

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ducati Multistrada V4 Ducati Multistrada V4. (Dok. Ducati)
Bologna -

Ducati meluncurkan motor petualang Ducati Multistrada V4 generasi keempat. Ducati Multistrada V4 ini mendapatkan berbagai pembaruan, bahkan teknologi motor MotoGP pun masuk ke motor petualang Ducati ini.

Dalam siaran pers yang diterima detikcom disebutkan, Ducati Multistrada V4 kini lebih berperforma tinggi. Meski begitu, motor dua alam ini tetap lebih mudah dikendarai. Motor ini diklaim lebih kuat sekaligus lebih ringan.

Ducati Multistrada V4 memiliki kesan lebih 'Sport' karena ringan dan kompak. Dengan tenaga 170 daya kuda, motor ini dibekali sistem elektronik ala motor MotoGP, salah satunya wheelie control.

Tak cuma kesan sport, identitas motor touring tetap tersedia di motor ini. Ducati mengklaim motor ini nyaman digunakan untuk perjalanan jauh. Ducati Multistrada V4 juga menjadi motor pertama yang dibekali sistem Radar di depan dan belakang. Apalagi ada GPS yang bisa dilihat di dasbor dan tersedia cornering light yang memudahkan visibilitas di tikungan saat gelap.

Ducati Multistrada V4Ducati Multistrada V4 Foto: Dok. Ducati

Identitas Enduro tetap kental pada Ducati Multistrada V4. Ini berkat kapabilitas offroad, suspensi elektronik, serta saluran tenaga dan rasio gir yang mulus. Untuk digunakan kecepatan rendah di perkotaan, Ducati Multistrada V4 tetap bisa diandalkan.

Uniknya, Ducati Multistrada V4 menggendong mesin baru yang dijuluki V4 Granturismo. Dengan bobot yang ringan (66,7 kg) dan bentunya yang kompak, mesin V4 Granturismo itu terbukti sangat halus dan dapat diandalkan sejak putaran rendah hingga putaran tinggi.

Ducati Multistrada V4Ducati Multistrada V4 Foto: Dok. Ducati

V4 Granturismo memiliki mesin berkapasitas 1.158 cc dan menghasilkan tenaga 170 hp pada 10.500 rpm dengan torsi maksimum 125 Nm pada 8.750 rpm. Selain itu, mengadopsi engine ini memungkinkan perpanjangan interval perawatan yang signifikan: pada Multistrada V4 penggantian oli dijadwalkan setiap 15.000 km, sementara pemeriksaan jarak bebas katup dan penyesuaian akhir diperlukan setiap 60.000 km. "Tidak ada motor yang diproduksi sejauh itu," tegas Ducati.

Seperti disebutkan sebelumnya, Ducati Multistrada V4 telah dibekali paket elektronik yang mumpuni. Motor ini memiliki fitur keselamatan, kenyamanan, performa, dan konektivitas yang didukung sistem elektronik.

Platform inersia (IMU) mengelola pengoperasian ABS Cornering, Ducati Wheelie Control (DWC), Ducati Traction Control (DTC) saat menikung, dan Cornering Light pada Multistrada V4 S.

Ducati Multistrada V4Ducati Multistrada V4 Foto: Dok. Ducati

Fitur standar lain pada Ducati Multistrada V4 S adalah Vehicle Hold Control (VHC), yang memudahkan saat berhenti di tanjakan dan ingin jalan lagi. Pada Multistrada V4 S, platform inersia juga berkomunikasi secara terus menerus dengan sistem kontrol Ducati Skyhook Suspension (DSS) semi-aktif dengan fungsi Autoleveling.

Sistem radar depan dan belakang yang ada di sepeda motor pertama kali memungkinkan penggunaan fitur Adaptive Cruise Control (ACC) dan Blind Spot Detection (BSD). Fitur-fitur itu sudah umum digunakan di kendaraan roda empat. Misalnya fitur ACC akan membuat motor menyesuaikan kecepatan secara otomatis mengikuti jarak kendaraan di depan. Sementara BSD akan memberikan informasi kepada pengendara adanya objek tak terlihat di area tak terlihat atau blind spot.

Multistrada V4 dilengkapi dengan rangka aluminium monocoque, pelek depan 19 inci, dan swingarm dua sisi. Motor ini memiliki jarak sumbu roda terbatas (1.567 mm), suspensi dengan jarak main 170 mm di depan dan 180 mm di belakang, ground clearance 220 mm dan berat kering 215 kg.

Ducati menawarkan Multistrada V4 dengan tiga pilihan. Ada Multistrada V4 standar dalam warna merah, Multistrada V4 S dengan warna Aviator Grey, dan Multistrada V4 S Sport yang menawarkan livery khusus dan paket performa seperti knalpot Akrapovic serta spatbor depan karbon.

Ducati belum mengumumkan harga resmi Multistrada V4 ini. Namun, pabrikan motor asal Italia itu menyebut penjualan Multistrada V4 dimulai dalam waktu dekat.



Simak Video "Luca Marini Akan Lawan Sang Kakak Valentino Rossi di MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com