Rabu, 04 Nov 2020 09:49 WIB

Ngilu! Batu Kerikil Tembus ke Pipi, Ini Alasan Pentingnya Pakai Helm Full Face

Doni Wahyudi - detikOto
Pemotor Kena Batu Kerikil di wajah Pemotor terkena kerikil yang mental ke wajah (Facebook/Top Rider Social Club)
Jakarta -

Jadi alat keselamatan paling penting, helm untuk pemotor tidak boleh dipilih sembarangan. Sangat dianjurkan memakai helm full face ketimbang helm half face (open face).

Betapa penting dan vitalnya fungsi helm full face bisa dilihat dari kecelakaan yang dialami pemotor ini.

Dia tak jatuh sampai kepalanya terbentur, tidak juga mengalami patah tulang anggota tubuh. Namun insiden yang dia alami terbilang mengerikan. Bagaimana tidak, ada batu kerikil yang mengenai pipi dan tembus sampai lapisan kulit.

Foto tersebut diposting oleh grup Facebook Top Rider Social Club. Terlihat bagaimana batu kerikil (ada yang menduga merupakan sempalan aspal) mengenai pipi dan tertempel di sana. Darah terlihat mengucur dari lokasi luka tersebut.

Dikutip dari GPOne, pemotor malang ini berasal dari Amerika Serikat. Dalam foto tersebut terlihat kalau dia memang tak memakai helm full face.

Pemotor Kena Batu Kerikil di wajahPemotor Kena Batu Kerikil di wajah Foto: Facebook/Top Rider Social Club

"Batu, lebah, atau apapun bisa menimbulkan masalah serius. Itulah sebabnya pelindyng dagu dan kaca helm bisa menjadi penting, solusi yang tepat. Itu menjadi pembeda saat (Anda) memilih tidak memakai helm atau mendapat luka seumur hidup. Pertimbangkan itu," demikian dikutip dari GPOne.

Netizen banyak yang mengomentari postingan di akun Top Rider Social Club tersebut. Beberapa mengatakan kalau si pemotor 'masih beruntung' lantaran kerikil tersebut hanya berjarak beberapa cm saja dari matanya.

"Sudah pernah mengalami hal serupa. (Tapi) bukan di wajah, melainkan di lutur. Aspal kecil itu membuat saya cukup lama tak bisa meluruskan kaki. Saya kemudian menariknya dan pulang. Cepat pulih, bro," tulis akun Christopher Vaughn.

Seperti namanya, helm full face menutupi seluruh bagian kepala. Ada bukaan di leher memasang pengikat dan sebuah pelindung wajah dan penglihatan yang disebut visor. Pengikat helm juga ada sebuah bagian yang melindungi leher atau disebut dengan chinbar.

Bagian paling penting dari helm fullface adalah rangka depannya, sebab sebuah penelitian pernah menyebutkan dampak kecelakaan sering terjadi pada area wajah.



Simak Video "Keren! Polda Riau Pakai Helm Robocop Deteksi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com