Kamis, 24 Sep 2020 14:47 WIB

Moge BMW R18 Sudah Sampai India, di Indonesia Kapan?

M Luthfi Andika - detikOto
New BMW R18 Cruiser Foto: dok. BMW Motorrad
Jakarta -

Pada April kemarin BMW Motorrad resmi mengumumkan salah satu model terbaik mereka New BMW R 18 dengan banderol USD 19.870 atau setara dengan Rp 296 jutaan (dengan kurs dolar Rp 14.904). Kini motor dengan desain klasik ini dikatakan akan siap ikut dipasarkan di India.

Seperti dikutip Indianautosblog, motor yang mampu menarik perhatian pencinta moge di seluruh dunia ini resmi dijual di India dalam dua varian yakni varian standard dan First Edition. Dikatakan untuk varian standar di India dibanderol 18.90 lakh, sedangkan varian First Edition mencapai 21.90 lakh.

Soal ketangguhan jangan diragukan, karena motor Jerman bergaya cruiser ini bakal menawarkan mesin terbaik dan bisa memenuhi adrenalin para penggunanya. Yakni dengan menawarkan mesin Boxer 1.802 cc air/oil cooled engine.

Mesin ini dikatakan bakal memiliki tenaga maksimal hingga 91 daya kuda di 4.750 rpm. Soal top speed, dikatakan motor asal Jerman ini mampu berlari setara dengan 178 km/jam.

New BMW R18 CruiserNew BMW R18 Cruiser Foto: dok. BMW Motorrad

Lari ke bagian desain motor Cruiser BMW Motorrad ini memang menampilkan kesan klasik di setiap sudutnya. Seperti yang disampaikan kepala desain BMW Motorrad, Edgar Heinrich dalam pemberitaan detikOto sebelumnya.

"Motor ini bukan untuk menjadi yang tercepat. Motor ini adalah untuk membuat pernyataan analog di era digital. BMW memiliki sejarah yang kaya dengan sepeda motor ikonik dan mereka memiliki karakteristik desain yang sama," kata Kepala Desain BMW Motorrad, Edgar Heinrich.

BMW mengatakan motor ini merupakan penghargaan untuk R5 buatan 1936 dan Konsep R5 yang lebih baru. Motor ini menggunakan ban depan berukuran 21 inci dan belakang 18 inci dipadukan pelana berbentuk daun yang menjadi ciri khas motor klasik.

Sisanya tampilan motor ini dilengkapi dengan batok lampu mengkilap, tangki bulat lancip ala motor retro custom saat ini. Suspensi menggunakan kantilever, karbu terbuka, dan lampu LED kecil yang terletak di antara kaki-kaki garpu.

New BMW R18 CruiserNew BMW R18 Cruiser Foto: dok. BMW Motorrad

Wah kapan akan hadir di Indonesia ya? Tenang detikers, BMW Motorrad Indonesia memastikan akan ikut memperkenalkan model Cruiser terbaru BMW Motorrad ini. Bahkan dikatakan New BMW R18 akan diperkenalkan juga tahun ini.

"Untuk market Indonesia hanya ada satu model lagi yang akan kami rencanakan untuk di launch tahun ini, yaitu New BMW R18," Chief Executive Officer, BMW Motorrad Indonesia-Maxindo Moto, Joe Frans kepada detikOto.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Eraspace Adventure with BMW: Explore Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com