Pengawal Vladimir Putin Bakal Pakai Motor Listrik Buatan Lokal, Ini Tampangnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 02 Sep 2020 09:55 WIB
Motor Listrik Pengawal Vladimir Putin
Motor Listrik Pengawal Vladimir Putin. (Istimewa)
Moscow -

Presiden Rusia, Vladimir Putin, memiliki mobil dinas kepresidenan asli buatan negaranya. Kendaraan bermerek Aurus itu menemani perjalanan darat Putin ke mana pun ia pergi.

Tak cuma mobil, Putin juga akan dikawal motor listrik buatan dalam negeri. Aurus Escort, motor listrik buatan Rusia akan mengawal iring-iringan kendaraan Presiden Rusia tersebut.

Dilansir Visordown, motor pengawal Putin itu akan dirilis pada 2022. Motor listrik ini bakal bergabung dengan armada mobil Aurus yang menjadi benteng berjalan bagi Vladimir Putin.

Detail mengenai spesifikasi motor pengawal Putin ini belum diketahui. Meski begitu, website Prancis, Moto-Station mengklaim motor tersebut bisa menyemburkan tenaga hingga 150 daya kuda dan mampu berlari hingga kecepatan 250 km/jam.

Bisa dilihat dari gambar ilustrasinya, motor ini akan menggunakan rangka cast alloy yang tampak kokoh. Tampilannya juga cukup gagah, cocok untuk digunakan sebagai motor pengawalan presiden.

Fakta bahwa Presiden Rusia telah meluncurkan motor listrik mungkin terdengar bertentangan dengan negaranya yang berdiri sebagai salah satu produsen minyak dan gas alam terbesar. Namun tak dimungkiri, kendaraan bertenaga listrik menjadi solusi akan kendaraan ramah lingkungan.

Sebelumnya, Putin juga menggunakan mobil kepresidenan buatan lokal bernama Aurus Senat. Rusia juga memiliki 'Secret Service' bernama Federal Protection Service (FSO) yang mengawasi langsung dan memberikan masukan untuk keamanan Aurus Senat.

Aurus Senat juga aman dari segala macam serangan. Rusia juga membuat ban khusus untuk Aurus Senat. Ban khusus itu di dalamnya terdapat kabel logam. Walaupun berat, mobil masih bisa melaju dengan kecepatan hingga 190 km/jam.

Mobil yang didesain oleh pusat riset otomotif dan mesin Rusia (NAMI) di Moskow menggunakan mesin buatan Porsche.

Porsche menyediakan salah satu dari 2 mesin yang tersedia untuk proyek mobil dinas Vladimir Putin, Kortezh. Mesin itu kabarnya merupakan mesin 4,6 liter V8 turbocharged yang menghasilkan tenaga sampai 600 hp dan torsi 650 ft-lb. Mesin kedua disediakan oleh NAMI yang lebih besar yakni 6,6 liter untuk menghasilkan tenaga sampai 860 daya kuda dan torsi 737 ft-lb of torque.



Simak Video "Putin Puji Trump Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Global"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)