Jumat, 24 Jul 2020 18:45 WIB

Desain Motor Listrik Paling Out of The Box

Rizki Pratama - detikOto
Motor listrik berdesain unik. Motor listrik Racer-X. (Visordown)
Jakarta -

Tak jarang desain motor listrik menghasilkan ide-ide baru yang mengundang decak kagum. Ketiadaan sejumlah komponen seperti motor konvensional membuat para perancangnya kerap berkreas lebih liar dalam membangun tampilan motor listrik.

Sepeda motor listrik bernama Racer-X buatan Mark Atkinson ini. Dilihat sekilas saja, motor listrik garapannya ini menabrak semua batas-batas desain motor konvensional.

Motor listrik berdesain unik.Motor listrik berdesain unik. Foto: Visordown

Motor listrik ini dibuat dari rangka aluminium yang disempurnakan dengan body berbahan karbon. Sistem penggeraknya pun tidak menggunakan sistem penggerak standar motor listrik biasa.

Ide membuat rancangan ini muncul ketika Atkinson berbicara dengan insinyur perusahaan motor listrik yang sudah tutup. Dia melihat kesempatan untuk membangun sepeda motor listrik yang dapat menghindari semua ornamen konvensional dari sepeda listrik modern.

Berbicara kepada BikeExif, Atkinson menjelaskan mekanisme kemudi motor ini inovatif dan funky. Kaki-kaki depan motor ini bertugas sebagai pengantar gaya mekanik untuk memutar ban.

"Ini digerakkan oleh dua lengan depan untuk memutar roda depan. Kemudi kemudian dipasang di dua bantalan linier pada bagian solid agak ke belakang, oleh sebab itu guncangan dari kaki-kaki yang menggerakkan roda tidak akan menggangu kemudi," terang Atkinson.

Motor listrik berdesain unik.Motor listrik berdesain unik. Foto: Visordown

"Ada kontrol joystick kecil yang dipasang di pegangan sisi kiri. Ini berfungsi dengan baik, tetapi saya akan memodifikasi program menjadi sedikit lebih progresif," tambahnya.

Dari samping motor ini tampak seperti dua sirip ikan hiu yang berlawanan arah. Melihat jok yang jauh di belakang dan stang motor yang rendah, motor ini harusnnya dapat melaju cepat meski tak diberi keterangan spesifikasinya.

Memang untuk penggunaan sehari-hari jenis motor ini tak nyaman digunakan. Akan tetapi sebagai sebuah karya seni dunia otomotif rancangan yang rumit ini patut diacungi jempol, gimana menurut detikers?



Simak Video "Uniknya Motor Listrik, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRooftalk
×
Bintang Mahaputera Untuk Duo Fadli-Fahri
Bintang Mahaputera Untuk Duo Fadli-Fahri Selengkapnya