Rabu, 22 Jul 2020 13:20 WIB

Jawa Ngebet Lahirkan Motor Listrik

M Luthfi Andika - detikOto
Motor Jawa Perak Jawa Motor asal Ceko Foto: Pool (visordown)
Jakarta -

Produsen motor Jawa mengumumkan akan segera memperkenalkan motor listrik. Eits jangan salah ya, nama Jawa di sini bukan buatan Indonesia melainkan bikinan Ceko.

Dikutip visordown, produsen motor asal Ceko, Jawa, mengumumkan tidak hanya kan memproduksi motor konvensional saja. Jawa kali ini membidik untuk bisa melahirkan motor listrik. Dipastikan meski bakal berbekal listrik desain yang bakal dipilih Jawa akan tetap berbekal retro.

Memang belum dibocorkan seberapa tangguh motor Jawa ini akan berlari, meski demikian Jawa pastikan motor listrik mereka ini merupakan pengembangan sendiri tanpa bantuan Mahindra sebagai pemilik saham terbesar. Diawali dari melahirkan baterai, speed controller hingga motor listrik. Artinya semuanya bakal diproduksi sendiri.

Motor asal Ceko bernama JawaMotor asal Ceko bernama Jawa Foto: dok. wikipedia

Sebagai catatan jika melihat sejarah berdirinya perusahaan motor ini. Nama Jawa bukan diambil dari Indonesia melainkan dari nama founder Frantisek Janecek yang mengakuisisi salah satu pabrikan sepeda motor asal Jerman, Wanderer. Kemudian, dari kedua nama tersebut, yaitu Janecek dan Wanderer digabung, menjadi Jawa.

Pabrikan ini sudah berdiri sejak 1929. Gaya khas Jawa adalah motor yang berdesain klasik retro seperti roda dua yang digunakan jaman perang dunia.

Motor Jawa PerakMotor Jawa Perak Foto: Pool (visordown)

Pada tahun 1950, Jawa menjadi produsen sepeda motor terlaris yang sudah mengapalkan model 350 Pérák ke 120 negara berbeda. Kesuksesan tersebut berlanjut sampai tahun 1970 dengan model barunya 350 Californian. Namun di tahun 1990 Jawa mengalami krisis.

Sampai pada tahun 1997, sebuah perusahaan pengganti dibentuk di Týnec nad Sázavou dan mengganti nama Jawa menjadi JAWA Motors.



Simak Video "Geng Motor Bersenjata Tajam Teror Warga Pelabuhanratu"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com