Selasa, 21 Jul 2020 08:35 WIB

Dibikin di Bogor, Motor Listrik Roda Tiga Ini Janji Serap Komponen Lokal 100%

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Modifikator Ditantang Rombak Tampilan Motor Listrik Roda Tiga Gerobak listrik atau Gelis. Foto: Dok. Indonesia Modification Expo
Jakarta -

Di Indonesia, kendaraan bertenaga listrik bukan hal yang baru lagi. Kendaraan bertenaga listrik yang diproduksi di Indonesia sebenarnya tak sedikit. Salah satunya adalah motor roda tiga listrik bernama Gelis atau Gerobak Listrik.

Gelis merupakan motor listrik roda tiga yang diproduksi PT Solar Panel Indonesia (SPI). Motor listrik roda tiga itu dibuat di pabrik kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Menurut Chief Marketing Officer PT SPI, Ary Tjahyono, Gelis dibuat untuk membantu usaha kecil menengah (UKM) untuk mengangkut barang dagangannya. Untuk saat ini, 30% dari produk motor listrik roda tiganya menyerap komponen lokal.

"TKDN (tingkat komponen dalam negeri) sementara ini kami sudah mencapai 30% komponen lokalnya. Hanya dalam beberapa komponen saja yang masih harus mengimpor karena kami juga sedang mencoba mengembangkan di pasar lokal," kata Ary di sela-sela konferensi pers Gelis Tuner Competition secara virtual belum lama ini.

Menurutnya, beberapa komponen seperti baterai, sasis, bodi serta beberapa perangkat kendali sudah diproduksi di dalam negeri. Tapi, motor listrik, controller, hingga gandar atau axle masih diimpor dari luar negeri.

"Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa kami akan terus meningkatkan TKDN seiring dengan perkembangan dan kemampuan pasar," katanya.

Sementara ini, Gelis sedang mencari vendor lokal yang bisa memasok komponen untuk produksi Gerobak Listriknya. Namun, Gelis berkomitmen akan serap komponen lokal hingga 100%.

"Sesuai komitmen kami, kami akan selalu mencoba untuk mendapatkan lokal content yang lebih besar, bahkan harapan kami 100% bisa didapat dari pasar lokal di Indonesia," katanya.



Simak Video "Uniknya Motor Listrik, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com