Minggu, 19 Jul 2020 13:07 WIB

Ogah Bikin Motor 250 cc, BMW Pilih Kembangkan Skuter Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
BMW C 400 X Ilustrasi skuter BMW Motorrad, BMW C 400 X. Foto: detikOto/Luthfi Anshori-Mimo
Jakarta -

Tak dimungkiri motor berkapasitas mesin 250 cc menjadi segmen yang menarik bagi pabrikan motor. Khususnya pabrikan Jepang, mereka berlomba-lomba menghadirkan motor 250 cc dengan teknologi dan fitur paling maju. Contoh seperti Kawasaki yang baru saja merilis motor sport 250 cc 4 silinder, Ninja ZX-25R.

Meski persaingan di segmen 250 cc begitu sengit dan menarik, pabrikan motor asal Eropa seperti BMW Motorrad tidak ingin ikut-ikutan tren tersebut. Alih-alih membuat motor sport bermesin 250 cc, merek asal Jerman ini justru memilih mengembangkan motor ramah lingkungan.

"Untuk BMW Motorrad ini belum ada (niatan membuat motor 250 cc-Red). Kalau saya lihat BMW Motorrad global malah concern-nya ke skuter listrik," bilang CEO BMW Motorrad, Joe Frans, kepada wartawan di Jakarta, belum lama ini.

Meski belum bisa memberi informasi mengenai detail produk motor tersebut, Joe mengatakan peluncuran sepeda motor 'minus asap' itu akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Tahun depan saya lihat kemungkinan udah bisa launching. Mid size scooter (listrik-Red)," lanjut Joe menjelaskan.

Sekadar mengingatkan, varian motor kecil BMW Motorrad di segmen moge entry level saat ini mengusung kapasitas mesin 313 cc. Motor ini dibagi menjadi dua model, naked bike G 310 R dan adventure bike G 310 GS.

Kedua moge satu platform tersebut dibuat oleh pabrikan motor asal India, TVS Motor. Namun tentunya dengan pengawasan ketat dari pihak BMW Jerman untuk menjaga kualitasnya.

Sementara jika berbicara skutik, BMW juga sudah memiliki dua model skutik bermesin 350 cc, dengan nama C 400 X dan C 400 GT. Sama seperti seri G 310, seri C 400 ini juga diproduksi di luar Jerman. Seri skutik C 400 tersebut dibuat di China.



Simak Video "Motor Listrik Jokowi Terjual Rp 2,5 M di Konser 'Bersatu Melawan Corona'"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com