Jumat, 17 Jul 2020 21:35 WIB

Mengenal Gelis, Gerobak Listrik Racikan Bogor yang Bakal Dimodifikasi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Modifikator Ditantang Rombak Tampilan Motor Listrik Roda Tiga Gerobak listrik alias Gelis bakal dimodifikasi. Foto: (Indonesia Modification Expo)
Jakarta -

Tiga modifikator di Indonesia ditantang untuk merombak tampilan motor listrik roda tiga Gelis atau Gerobak Listrik. Mungkin belum banyak yang tahu apa itu Gelis.

Gelis merupakan motor listrik roda tiga rakitan PT Solar Panel Indonesia (SPI) yang dibuat di pabrik kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Menurut Chief Marketing Officer PT SPI, Ary Tjahyono, Gelis dibuat untuk membantu usaha kecil menengah (UKM) untuk mengangkut barang dagangannya.

"Kami telah menciptakan Gelis atau gerobak listrik, sebagai kendaraan niaga yang berbasis dari listrik, ramah lingkungan, mudah digunakan, serta tidak membutuhkan perhatian khsusus dari perawatan," kata Ary dalam konferensi pers Gelis Tuner Competition secara virtual, Jumat (17/7/2020).

Menurutnya, penciptaan Gelis didorong dari keinginan dan harapan pihaknya untuk membantu para pedagang UMKM meningkatkan taraf ekonominya dengan mobilitas yang lebih luas jangkauannya. Disebutkan, pedagang UMKM tidak perlu lagi mendorong gerobak dengan tenaga sendiri. Cukup puntir tuas gas, motor listrik roda tiga ini sudah bisa dijalankan.

Gerobak listrik (Gelis)Gerobak listrik (Gelis) Foto: Kementerian Perindustrian

Ary mengatakan, beberapa komponen Gelis sudah memanfaatkan komponen dalam negeri. Saat ini, Gelis sudah menggunakan komponen lokal hingga 30%.

"Baterai, sasis, bodi serta beberapa perangkat kendali diproduksi di dalam negeri. Perangkat lain seperti motor listrik, controller, gandar atau axle, masih kami impor. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa kami akan terus meningkatkan TKDN (tingkat komponen dalam negeri) seiring dengan perkembangan dan kemampuan pasar," sebutnya.

Bicara spesifikasi, mengutip laman resminya, Gerobak Listrik ini memiliki dimensi panjang 280 cm, lebar 88 cm, dan tinggi 170 cm. Motor listrik roda tiga ini menggunakan ban berukuran 3.75 R12. Berat kotornya mencapai 600 kg dengan daya angkut hingga 310 kg.

Modifikator Ditantang Rombak Tampilan Motor Listrik Roda TigaModifikator Ditantang Rombak Tampilan Motor Listrik Roda Tiga Foto: Dok. Indonesia Modification Expo

Gelis ditenagai motor berkekuatan 800 watt yang mampu membawa motor berlari hingga 30 km/jam. Gerobak listrik yang didukung 2 baterai lithium-ion ini bisa menjangkau jarak hingga 30 km.

Pabrik Gelis di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, mampu memproduksi 10 unit motor listrik roda tiga per hari. "Layanan purnajual kami siapkan sebaik mungkin karena hal ini memang tanggung jawab kami untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan," katanya.



Simak Video "Pakai Motor Listrik, PLN Aceh Inspeksi Aset"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com