Kamis, 25 Jun 2020 07:37 WIB

Waduh, Sepeda Motor sampai Sepeda Listrik Akan Dilarang di Kota Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Wina, ibu kota Austria ini dinobatkan menjadi kota yang terbaik di dunia (Yoga Endryanto/TRANS7) Kota Wina, Austria. (Yoga Endryanto/TRANS7)
Jakarta -

Berbagai upaya dilakukan pemerintah kota untuk menjadikan wilayah yang dipimpinnya bersih dari polusi kendaraan bermotor. Cara ekstrem ditempuh pemerintah kota Wina, Austria, yang bakal melarang keberadaan mobil, sepeda motor, bahkan hingga sepeda listrik di pusat kota.

Dikutip dari Visordown, Walikota Wina, Markus Figl dan Wakil Walikota Wina, Birgit Hebein awal pekan lalu telah mempresentasikan kebijakan baru mereka untuk menjadikan kota Wina bebas kendaraan bermotor.

Nantinya larangan ini hanya akan berlaku di sepanjang jalan raya di pusat kota. Pengguna kendaraan bermotor masih diperbolehkan melintasi jalan di jalur lingkar luar yang mengelilingi pusat kota.

Pengecualian juga berlaku untuk untuk pemilik kendaraan bermotor yang tinggal di zona eksklusif atau orang-orang yang memiliki garasi kendaraan pribadi di zona bebas kendaraan dan mengantungi izin parkir. Namun belum dijelaskan apakah aturan ini berlaku juga untuk pengguna sepeda motor.

Kelompok lain yang diperbolehkan menggunakan fasilitas jalan raya untuk kendaraan bermotor adalah para pemilik perusahaan dan pekerja yang bekerja di dalam zona, termasuk taksi komersial dan tamu hotel selama mereka memarkirkan kendaraannya di fasilitas parkir yang telah ditentukan.

Kendati belum diterapkan, wacana ini dengan segera menuai kecaman dari para pengguna kendaraan bermotor di kota Wina. Menurut mereka aturan ini tidak biasa dan terlalu ekstrem jika alasannya hanya untuk menekan emisi gas buang sampai titik 0.



Simak Video "Duh! 2 Napi Asimilasi di Konawe Kembali Berulah, Curi 7 Motor"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com