Ada Masalah di Standar Tengah, Yamaha Indonesia Panggil Pemilik TMAX

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 13 Mar 2020 16:50 WIB
Test Drive Yamaha Tmax
Yamaha TMAX. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengumumkan recall motor. Belum lama ini, Yamaha mengumumkan recall terhadap skuter matik (skutik) bongsor Yamaha TMAX.

Seperti surat yang ditayangkan di website resminya, Yamaha Indonesia memanggil para pemilik Yamaha TMAX untuk memperbaiki motornya. Perkaranya adalah karena standar tengah atau main stand bermasalah.

"Pada proses evaluasi produk yang dilakukan secara berkala, Yamaha menemukan bahwa diperlukan adanya suatu pemeriksaan lanjutan pada komponen Main Stand (BC3-27111-00) (berkaitan dengan fungsi penyangga sepeda motor)," tulis Yamaha dalam surat tersebut.

Standar tengah Yamaha TMAX bermasalah, perlu diganti dan gratis. Standar tengah Yamaha TMAX bermasalah, perlu diganti dan gratis. Foto: Agung Pambudhy

Yamaha menyebut penggantian komponen standar tengah itu tak memungut biaya dari konsumen alias gratis. Tak disebutkan berapa banyak TMAX yang di-recall dalam kampanye penggantian standar tengah ini. Namun, Yamaha menampilkan nomor rangka TMAX yang terdampak.

Adapun TMAX yang dipanggil untuk perbaikan standar tengah yaitu dengan nomor rangka JYASJ1450J0013801 hingga JYASJ1450J0016880. Yamaha mulai melakukan perbaikan TMAX pada 2 Maret 2020 lalu di dealer CBU Shop, Sentral Yamaha, dan Flagship Shop Yamaha.

"Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, sahabat TMAX dapat menghubungi Yamaha Call Centre di nomor 021-4618000 atau klik www.yamaha-motor.co.id atau bisa menghubungi dealer CBU-Shop terdekat di kota anda," tulis Yamaha.

Produsen otomotif di Indonesia memang diwajibkan untuk terbuka soal kampanye recall. Dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 53 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penarikan Kembali Kendaraan Bermotor, produsen otomotif yang menemukan produknya mengalami cacat produksi harus melakukan pemberitahuan kepada pemilik kendaraan bermotor. Pengumumannya bisa melalui telepon, surat, media cetak, dan/atau media elektronik. Jadi, produsen otomotif tak bisa diam-diam lagi jika ada produknya yang cacat produksi.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)