Kamis, 12 Mar 2020 16:51 WIB

Perempuan Naik BeAT Ringkus Jambret Pakai RX-King, Kok Bisa?

Haris Fadhil, Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Begal, Rampok, Jambret. Andhika Akbarayansyah/infografis. Ilustrasi jambret.Foto: Andhika Akbarayansyah
Jakarta -

Seorang wanita di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Sri Enda Pujiani (27), berhasil meringkus kawanan jambret yang menggunakan Yamaha RX-King saat beroperasi. Yang menarik Sri melakukan aksi heroik itu menggunakan motor matic, Honda BeAT.

Sri terlibat aksi kejar-kejaran dengan kawanan jambret ber-RX-King. Dia mengejar para jambret dengan motor BeAT hingga kawanan jambret itu terjatuh.

Padahal jika melihat spesifikasi mesin yang diusung, RX-King jauh lebih superior soal performa dari BeAT. Di atas kertas, RX-King dibekali mesin 135 cc, 2-stroke, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 14 dk.

Sementara Honda BeAT menggunakan mesin 110 cc, 4-sroke, PGM-FI, dengan tenaga puncak sebesar 8,4 dk. Lantas mengapa sang wanita bisa mengejar kawanan jambret yang menggunakan motor kencang?

Dijelaskan Kapolsek Lubuk Pakam AKP Firdaus Kemit, Kamis (12/3/2020), peristiwa yang terjadi pada Selasa (10/3) pagi itu diawali Sri saat perjalanan ke Lubuk Pakam dari Tanjung Morawa menggunakan sepeda motor. Sri adalah pegawai honorer di Polresta Deli Serdang.

"Saat mengendarai sepeda motor di jalan lintas Medan-Lubuk Pakam, tiba-tiba dijambret dompetnya oleh tiga orang pria mengendarai sepeda motor," kata Firdaus.

Firdaus mengatakan tiga orang itu menjambret dompet Sri di sekitar Kelurahan Paluh Kemiri. Setelah mendapat dompet Sri, ketiga orang tersebut langsung tancap gas.

"Kejadian tepatnya di bawah Tol Paluh Kemiri, Lubuk Pakam, Deli Serdang, korban berselisih dengan tersangka sepeda motor RX King hitam yang dikendarai oleh tiga orang laki-laki yang mana usai berselisih kemudian memutar arah dan mengikuti korban dari belakang. Setelah berhasil memepet korban, selanjutnya salah satu tersangka, tepatnya yang berboncengan di tengah, merampas dompet korban yang sebelumnya diletakkan di jok depan sepeda motor korban dan kemudian tancap gas hendak melarikan diri," ucap Firdaus.

"Korban yang menyadari dompetnya dirampas kemudian mengejar tersangka menggunakan kendaraan motor Beat-nya, sehingga terjadilah aksi kejar-kejaran," sambungnya.

Para jambret itu sempat melempari Sri dengan sendal, namun Sri berhasil menghindar. Ketiga orang itu kemudian terjatuh di dekat Kantor Bupati Deli Serdang.

"Hingga akhirnya ketika hendak berbelok menuju Jalan Negara Perkantoran Kantor Bupati Deli Serdang, kendaraan tersangka tergelincir dan terjatuh hingga ketiga tersangka dan dompet yang dirampas terjatuh ke badan jalan," ucapnya.

Sri kemudian mendatangi ketiga orang itu dan mengambil kembali dompetnya. Dia lalu berteriak meminta tolong dan akhirnya warga berdatangan ke lokasi.

"Ketiga tersangka sudah berhasil kita amankan di ruang tahanan Mapolsek Lubuk Pakam, selanjutnya kita minta keterangan lebih lanjut guna mempertanggungjawabkan perbuatannya," ucap Firdaus.



Simak Video "Wajah Anyar Honda BeAT, Punya Desain dan Fitur Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com