Selasa, 25 Feb 2020 21:08 WIB

Intip Spesifikasi Honda Astrea Terbaru yang Dihargai Rp 15 Jutaan

Ridwan Arifin - detikOto
Honda EX5 Honda EX 5 kembaran Astrea Foto: Boon Siew Honda
Jakarta -

Honda Malaysia menyegarkan kembaran Honda Astrea terbaru, EX5. Tampilannya tidak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya, sebab model tahun 2020 tetap mengusung desain yang tidak lekang oleh waktu.

Lalu apa istimewanya motor bebek Honda EX5 ini? mari ulas bersama.

Desain

Honda EX5 mengusung desain "timeless", motor ini mendapatkan penyegaran eksterior warna dan grafis, namun tetap mengusung pakem lama, seperti batok model "T" dan sayap berkelir putih. Tak ketinggalan headlamp bentuk mengkotak dengan lampu sein yang terpisah.

Honda EX5 terbaruHonda EX5 terbaru Foto: Boon Siew Honda

Desain lawas juga tetap dipertahankan pada Honda EX5 ini, seperti pada bagian dashboard masih dibalut dengan mika kotak dengan penunjuk jarum analog. Suspensi yang dibiarkan terbuka hingga terlihat membelah body, dan tak lupa gaya khas dengan penutup rantai.

Honda EX5 terbaruHonda EX5 terbaru Foto: Boon Siew Honda

Bila melihat dari belakang, buritan didominasi mika stoplamp dengan lampu sein yang terpisah namun menempel pada spatbor. Tak ketinggalan handle untuk penumpang berbalut warna chrome disematkan.

Spesifikasi dan dimensi

Bicara dimensi, Honda EX5 memiliki panjang 1923 mm, lebar 696 mm, dan tinggi 1046 mm. Sementara sumbu rodanya berjarak 1212 mm dengan bobot mencapai 97 kg dan kapasitas bahan bakarnya mencapai 4.3 liter.

Honda EX5 terbaruHonda EX5 terbaru Foto: Boon Siew Honda

Lanjut pada bagian kaki-kaki, suspensi depan masih menggunakan teleskopik biasa dan dua redam kejut kembar untuk bagian belakang. Untuk pelek menggunakan ring 17 yang dibalut ban berukuran 70/90 (depan) dan 80/90 (belakang).

Uniknya, layaknya Honda Astrea di Indonesia pada tahun 1990-an, sistem pengereman masih menggunakan tromol.

Mesin

Mengikuti perkembangan zaman, Honda EX5 sudah dibekali sistem pengkabutan yang lebih modern. Honda EX5 sudah disuntik injeksi dengan bekal kubikasi 110 cc, di atas kertas mampu memuntahkan angka 8,54 Hp/7.500 rpm dan torsi 8.62 Nm/5.500 rpm.

Untuk mendistribusikan tenaga ke roda, Honda EX5 menggunakan rantai dengan gearbox manual tanpa kopling, seperti motor bebek Honda masa lampau.

Honda Malaysia menawarkan dua varian, yakni versi spoked wheel palang lima dan jari-jari. Harganya sendiri dibanderol mulai dari RM 4.783 atau sekitar RP 15,7 jutaan.



Simak Video "Menjajal Transmisi Ala Motor Bebek Wuling Confero S ACT"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com