Kamis, 20 Feb 2020 17:05 WIB

Honda ADV 150 Bakal Masuk AS, Produksi Indonesia?

Rizki Pratama - detikOto
PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda ADV 150 di GIIAS 2019. Harga skutik penjelajah ini berada di kisaran Rp 33 juta. Ada peluang Honda ADV 150 diekspor ke Amerika Serikat. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pasar Amerika Serikat sampai saat ini belum mendapatkan jatah skutik ADV dari Honda. Apakah produksi Indonesia yang bakal diekspor ke negara Donald Trump itu?

Sebelumnya sempat beredar kabar Honda akan membuat Honda ADV 250 atau 300 untuk pasar AS. Namun, baru-baru ini Rideapart memberitakan kalau AS bakal memberikan lampu hijau untuk Honda ADV 150 dipasarkan di sana.

Pasar ekspor ini tentu menarik untuk Honda yang memproduksi ADV di Indonesia. Namun, hingga kini Honda ternyata belum ada rencana untuk mengirim ADV 150 ke negeri Paman Sam.

"Kami belum ada rencana ekspor ADV ke sana," ujar General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin saat dikonfirmasi detikcom melalui pesan singkat, Kamis (20/2/2020).

Honda ADV produksi Indonesia sudah memiliki beberapa negara tujuan ekspor, termasuk model baru seperti Genio. Tahun lalu Brazil menjadi negara tujuan baru, setelah sebelumnya diekspor secara utuh maupun terurai ke Filipina, Bangladesh, Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja.

Pada tahun 2019 ekspor AHM mengalami kenaikkan sebesar 37% dari total ekspor motor CBU, sementara pada tahun sebelumnya mengalami kenaikan 29%. Market share AHM meningkat setelah perusahaan membukukan pertumbuhan ekspor motor dalam kondisi utuh (CBU/Completely Built Up) sebesar 66,1% pada periode Januari-Desember 2019.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) 2019, pabrikan motor anggota AISI berhasil mengekspor motor CBU sebanyak 810.433 unit atau tumbuh 29% dibandingkan total ekspor tahun sebelumnya. Volume ekspor CBU motor Honda sepanjang Januari-Desember 2019 tercatat 301.935 unit atau 37% dari total ekspor motor CBU sepanjang 2019.

Honda ADV 150 Bakal Masuk AS, Produksi Indonesia?


Simak Video "Ma'ruf: Indonesia Hanya Jadi Tukang Stempel Produk Halal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com