Jumat, 13 Des 2019 07:19 WIB

Motor Rental yang Dipakai Bule Ditilang, Siapa yang Ikut Sidang?

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: (Aditya Mardiastuti/detikcom) Foto: (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - Menjadi daerah wisatawan, wajar jika para pelaku usaha rental motor ikut menjamur di Bali. Meski demikian, memiliki usaha rental motor di Bali bukan aman dan mulus begitu saja. Karena berbagai risiko juga dimiliki para pelaku usaha.

Coba bayangkan, siapa yang akan ikut sidang pengambilan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) saat motor kena tilang yang tengah disewa oleh turis mancanegara?



Ternyata jika ini terjadi, yang bakal urus surat tilang dan ikut sidang untuk pengambilan STNK, akan dilakukan oleh pemilik rental motor.

"Kalau yang ditilang turis lokal itu jarang, biasanya turis mancanegara yang bermasalah. Makanya kita kasih STNK asli. Saat mereka ditilang karena pelanggaran seperti tidak taat lalu lintas, seperti tidak menggunakan helm, melanggar lalu lintas. Maka pihak rental yang akan tebus ke pengadilan," ujar Dewa, pemilik Dewa Rental Bali Motor.



Perilaku merugikan ini sangat disayangkan oleh Dewa, karena sebelum motor sewaan diantar, para penyewa motor ini diberikan penyuluhan mengenai berkendara dengan baik dan benar di Indonesia.

"Biasanya kita sudah memberikan penyuluhan kepada setiap pengendara rental atau penyewa motor. Agar tidak melakukan pelanggaran," katanya.

Simak Video "Pengakuan Pemuda yang Bakar Motor karena Ditilang"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com