Senin, 11 Nov 2019 10:32 WIB

Motor Listrik Bebas Pajak Bisa Untungkan Konsumen

M Luthfi Andika - detikOto
Honda PCX Electric, motor listrik pertama Honda di Indonesia. Foto: Pradita Utama Honda PCX Electric, motor listrik pertama Honda di Indonesia. Foto: Pradita Utama
Valencia - Pemerintah menyatakan akan memangkas pajak kendaraan listrik termasuk motor listrik hingga nol persen. Bagi pencinta otomotif kabar ini tentu membahagiakan, karena besar kemungkinan banderol kendaraan listrik bakal lebih murah.

PT Astra Honda Motor (AHM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Honda menyambut baik kabar ini, bahkan menilai kebijakan yang dibuat pemerintah ini akan sangat menguntungkan konsumen di Indonesia.



"Pajak motor listrik dipotong, ini sangat bagus untuk konsumen. Bukan untuk kami, karena bisa menunjang pertumbuhan motor listrik di Indonesia. Terutama untuk menjadi kendaraan dalam kota," kata Inuma.

Inuma menjelaskan kebijakan pemerintah Indonesia yang memangkas pajak kendaraan ramah lingkungan bisa ikut meningkatkan penggunaan kendaraan listrik di daerah perkotaan.



"Karena kendaraan EV (listrik-Red) sangat bagus, tapi untuk saat ini hanya untuk kendaraan dalam kota (lebih tepat menjadi kendaraan dalam kota-Red). Tapi untuk perjalanan jarak jauh misalnya untuk 1 hari penuh atau berjarak 60 kilometer, motor listrik kurang oke," kata Inuma.

"Memang harusnya motor listrik difokuskan terlebih dahulu pada satu kota atau satu area. Sehingga semuanya sudah dipersiapkan di area tersebut (baik infrastruktur, dll-Red), baru merambah ke daerah lainnya," ujarnya.

"Karena saya percaya motor listrik di masa depan baterainya bisa seperti baterai AA, bisa diperjualbelikan dengan mudah," tambah Inuma.

Simak Video "Bantu Kurangi Polusi, Grab Luncurkan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com