ADVERTISEMENT
Jumat, 08 Nov 2019 16:16 WIB

Helm Bentuk Tabung Gas Hingga Teko, Langgar SNI?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tidak bisa dimungkiri saat melihat helm dengan bentuk tabung gas 3 kg dipakai di jalanan dapat menjadi hiburan tersendiri. Bentuknya kini makin beragam, dalam akun instagram @infocegatansukoharjo dibagikan kolase foto helm dari bentuk penanak nasi hingga teko.

Jika sekadar untuk gaya dan tidak digunakan di jalan tidak masalah. Namun, untuk dipakai berkendara akan berkaitan dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Mungkin helm-helm bentuk unik itu belum memiliki standar SNI. Sebenarnya apa saja persyaratan helm untuk memiliki standar SNI?

Merujuk pada Standar Helm SNI 1811:2007/Amd1:2010 tentang spesifikasi teknis untuk helm pelindung kendaraan roda dua, persyaratan itu berupa standar material dan konstruksi dari helm.



Salah satu yang paling terlihat dari tabung gas 3 kg helm sendiri adalah tonjolan keluar gagang. Padahal sudah diatur bahwa tempurung tidak boleh ada tonjolan keluar yang tingginya melebihi 5 mm dari permukaan luar tempurung dan setiap tonjolan harus ditutupi dengan bahan lunak dan tidak boleh ada bagian tepi yang tajam.

[Gambas:Instagram]



Lebar sudut pandang sekeliling sekurang-kurangnya 105 derajat pada tiap sisi dan sudut pandang vertikal sekurang-kurangnya 7 derajat di atas dan 45 derajat di bawah bidang utama.



Persyaratan lainnya, helm harus terbuat dari bahan yang kuat dan bukan logam. Bahan tersebut harus tidak berubah jika ditempatkan di ruang terbuka pada suhu 0 derajat celcius sampai 50 derajat celcius paling sedikit 4 jam dan tidak terpengaruh oleh radiasi ultra-violet, serta harus tahan dari akibat pengaruh bensin, minyak, sabun, air, deterjen dan pembersih lainnya.

Bahan pelengkap helm harus tahan lapuk, tahan air, dan tidak dapat terpengaruh oleh perubahan suhu. Bahan-bahan yang bersentuhan dengan tubuh tidak boleh terbuat dari bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau penyakit pada kulit, dan tidak mengurangi kekuatan terhadap benturan maupun perubahan fisik sebagai akibat dari bersentuhan langsung dengan keringat, minyak dan lemak si pemakai.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com