Selasa, 10 Sep 2019 15:40 WIB

Intip Produksi Honda Genio di Cikarang

Rizki Pratama - detikOto
Honda Genio. Foto: Pradita Utama Honda Genio. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Honda Genio merupakan salah satu skuter matik (skutik) andalan terbaru PT Astra Honda Motor (AHM) di pasar Indonesia. Motor ini dikatakan menggunakan komponen yang hampir semuanya beda dengan model lain karena punya rangka motor baru.

Rangka baru yang disebut enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) itu dilakukan di pabrik AHM di Kawasan MM2100 Cikarang, Jawa Barat. Teknologi dan metode pembuatan rangka ini diklaim menjadi yang pertama digunakan di motor melalui Honda Genio.



"Honda Genio bedanya dengan tipe lain, secara teknologi pembuatan frame sangat berbeda dengan tipe lainnya dikenal dengan teknologi eSAF. Tipe lain pembuatan framenya itu menggunakan pipa yang dipotong. Kalau Genio menggunakan lembaran plate yang kemudian di press kemudian baru welding," papar GM Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi, Selasa (10/9/2019).

Intip Produksi Honda Genio di CikarangFoto: Rizki Pratama


Untuk penyatuan beberapa batangan bahan besi itu pun juga berbeda. Proses penyatuannya menggunakan alat las laser sehingga diyakini meminimalisir deformasi.

"Ada enam bagian sisi frame yang sebelum disatukan menjadi satu kesatuan rangka. Weldingnya menggunakan laser welding sehingga hasil daripada laser welding ini secara kualitas akan lebih baik tidak mempengaruhi komposisi frame bodynya. Deformasi hampir dibilang tidak ada," lanjut Dody.



Setelah rangka dan tangki jadi dari bahan yang sama, proses dilanjutkan pada pemasangan komponen yang terus bergerak. Komponen lainnya yang disuplai dari vendor lokal lain tentu dipastikan dulu kualitasnya sebelum dipasang oleh tangan pekerja pabrik.

Intip Produksi Honda Genio di CikarangFoto: Rizki Pratama


Selain rangka eSAF, Honda Genio juga dibekali generasi terbaru mesin eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC PGMFI. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm. Kemampuan ini diklaim sanggup membuat Honda Genio lebih responsif saat berakselerasi. Skutik baru ini mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 94 km/jam.

Pabrik ini juga memproduksi beragam produk skutik Honda lain, di antaranya Honda BeAT series, Honda Scoopy, dan Honda Vario.

Simak Video "Kenalkan Honda Genio, Skutik Casual Fashionable Bermesin 110cc"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com